oleh

Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi PDI Perjuangan H.Sunarna Adakan Bimtek di Purwokerto

Banyumas, Kicaunews.com – H. Sunarna SE.M.Hum Anggota DPR RI komisi IV dari Fraksi PDI Perjuangan Dapil Banyumas – Cilacap menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis ( Bimtek ) Peningkatan Kapasitas Petani Dan Penyuluh di Provinsi Jawa Tengah.Bersama sama dengan Politenik pembangunan pertanian Yogyakarta Magelang, Kamis (01/04/2021).

Acara Bimtek peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh berlangsung di Aula Kamandaka Hotel Aston Purwokerto Kabupaten Banyumas.

Hadir dalam acara BIMTEK Ir. Tjut Viviani Kemala, M.Si. selaku Kabid. Penyuluhan dan Bina Usaha Kabupaten Banyumas juga Dr. Ir. Sujono,MP yang merupakan wakil Direktur I Polbangtan Yogyakarta Magelang serta para Petani porang dan Gapoktan di wilayah kabupaten Banyumas.

Ir. Tjut Viviani Kemala, M.Si dalam sambutnya memotivasi kepada para petani meningkatkan kesejahteraan dan menciptakan komoditas yang unggul bernilai ekonomi tinggi seperti porang dan kapulaga..

“Sebuah Komodititas harga jual yang bagus mendongkrak permintaan pasar ekspor, Perluasan budidaya porang diperlukan karena adanya permintaan tinggi dari Negara seperti China dan Vietnam, dan berharap para peserta dapat mencerna dan menerapkani budidaya tanaman porang sebagai lading pendapatan,”ujarnya

Sementara itu lewat daring zoom meeting H. Sunarna, SE. M. Hum menyampaikan bahwa peluang porang sangat terbuka lebar dan masih tetap harus belajar.

“Hal ini dikarenakan harga dari porang yang bagus dan pasar yang luas namun waktu panen yang cukup lama, Para peserta diharaokan dapat berinovasi agar supaya bisa memanen porang dengan tepat .Sebab pasar akan selalu ada dan bertambah tiap tahunnya.,”jelasnya

H.Sunarna SE.M.Hum berpesan kepada para peserta, jika yang jeli melihat peluang dan marjet maka orang tersebut yang akan sukses dalam budidaya porang.

Dalam pemaparan materi Dr. Ir. Sujono, MP wakil Direktur I Polbangtan Yogyakarta Magelang menjelaskan bahwa harus ada tindak lanjut konkrit terkait usaha budidaya porang di wilayah kabupaten Banyumas karena langsung didampingi pelaku yang berskala nasional, ada motivasi agar tidak hanya sampai pada pertemuan kali ini tapi ada aktivitas pengembang.

Baca juga :  Tiga Isu Aktual dibahas dalam Rapat Forkominda Kab Tangerang

Dalam Penyampaian materi bimtek diberikan oleh bapak Muhajir sebagai Instruktur & Praktisi Agribisnis Porang..

Muhajir menjelaskan tentang budidaya porang dari karakteristik tanaman,manfaat,syarat tumbuh dan cara perkembangbiakan dari pembibitan hingga petani panen hasil Porang. (Mugiono)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru