oleh

Program Prioritas 2021-2024, Pokja IV TP PKK Pusat Dorong Keluarga PKK Tanggap dan Tangguh Bencana

Jakarta, KicauNews.com – Kelompok Kerja (Pokja) IV TP-PKK Pusat menggagas dan mendorong Keluarga PKK Tanggap dan Tangguh Bencana (Keluarga PKK Gagah Bencana) dalam program prioritas 2021-2024.

Keluarga PKK Tanggap & Tangguh Bencana (Keluarga PKK Gagah Bencana) adalah suatu Desa/Kelurahan binaan PKK untuk mewujudkan keluarga dan lingkungan yang sehat melalui program kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat.

“Keluarga PKK Gagah Bencana dibina untuk menjadikan seseorang, keluarga atau masyarakat agar mampu menolong dirinya sendiri (mandiri) dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan dari aspek fisik manusia maupun lingkungannya,” kata Ketua Pokja IV, Susi R. Puspitadewi Rizal dalam pendalaman materi di Ruang Sidang Utama Gedung A Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu kemarin (10/3/21).

Lebih jauh dikatakan Susi, Keberhasilan Keluarga PKK Gagah Bencana dapat tercapai apabila adanya pelibatan dan dukungan masyarakat, perencanaan yang matang, sosial dan budaya (kearifan lokal), pembekalan dan supervisi, dukungan SDM, serta data dan pelaporan.

Untuk mendukung keberhasilan dan capaian program, ke depannya, TP PKK Pusat juga mewacanakan akan memberikan reward kepada desa/kelurahan terbaik dalam bentuk piagam penghargaan atau bentuk lainnya, yang diikuti oleh TP PKK Provinsi dan TP PKK Kabupaten/Kota.

Ada sembilan capaian Program Keluarga PKK Gagah Bencana, yakni penurunan angka stunting; meningkatnya kesehatan masyarakat; menurunnya angka kematian ibu, bayi dan balita; terwujudnya keluarga yang tanggap dan tanggung terhadap bencana rumah tangga; terwujudnya desa/kelurahan yang tanggap dan tangguh dalam penanganan darurat bencana alam; meningkatnya komitmen masyarakat guna menjaga kelestarian lingkungan; meningkatnya jumlah peserta KB; terwujudnya Keluarga yang tanggung dalam perencanaan keuangan; dan meningkatnya kelahiran bayi cukup bulan dan berat normal.

(Red/Puspen Kemendagri)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru