oleh

Kabid Kesmas Dinkes Ciamis : Ayo Lawan Covid -19 Dengan Olah Mata Telinga Hati Rasa dan Olah Raga

Ciamis, Kicaunews.com – Dinkes Ciamis melalui Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis dr Eni Rohaeni dalam upaya pencegahan penyebaran Covid -19 berbagai cara dan himbauan serta edukasi sudah di lakukan kepada seluruh lapisan masyarakat .

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai tenaga medis bersinergis dengan pemerintah menyampaikan himbauan dan edukasi agar masyarakat lambat laun tahu dan mencari tahu dan akhirnya sadar dan mampu menjalankannya atau menerima apa yang sebenarnya terjadi

Sebagai petugas di bidang Kesehatan Masyarakat , harus lebih sering menyimak mendengarkan,membaca dan terus belajar menerima saran dan masukan demi kenyamanan dan terwujudnya aneka program yang menjadi prioritas.

Terkait pandemi ini mungkin hampir semua sudah jenuh,bosan dan lelah membahasnya lewat tulisannya ” berharap menjadi bahan renungan dan menjadi motivasi bagi kami untuk terus dekat dan menyentuh seluruh lapisan masyarakat” Kata Kabid Kesmas, Kamis (11/3/2021).

Lanjut Eni, banyak sekali postingan yang berbunyi seperti ” Rorombeheun di Covidkan ,Bisul di Covidkan , Dia stroke sudah lama dicovidkan dan banyak lagi yang lainnya.

Satu yang harus digaris bawahi Covid -19 bisa menyerang siapa saja baik itu orang sehat ataupun orang sakit.

“Siapapun bisa memaparkan dan bisa juga terpapar dan banyak yang terkonfirmasi positif Covid tanpa keluhan atau gejala apapun, mereka biasanya di swab karena kontak erat dengan yang positif atau kebetulan ada keperluan dari pekerjaannya harus diswab, kalau dia ternyata terkonfirmasi positif Covid tanpa gejala/OTG,” ujar Eni.

Eni menambahkan begitupun dengan pasien pasien yang masuk ke Rumah Sakit demi keselamatan petugas ,keselamatan pasien yang ada di IGD dan keselamatan semua akan dilakukan skrining untuk memisahkan mereka sesuai Zona nya.

Baca juga :  Bhabinkamtibmas Polsek Terisi Giat Silaturahmi Bersama Warga Jatimunggul

“Apalagi untuk pasien pasien yang akan dilakukan tindakan operasi ataupun Bedah sesuai prosedur harus dilakukan swab untuk melindungi dan keamanan semua,”jelasnya.

Begitupun dengan pasien Stroke,pasien rorombeheun dan pasien lainnya yang masuk IGD akan diskrining dan menjalani tahapan pemeriksaan sesuai SOP Kalau skrining awal biasanya dengan rapid non reaktif masuk IGD biasa, kalau hasil skrining reaktif akan masuk IGD Isolasi untuk dilanjutkan pemeriksaan berikutnya.

Dalam pesan yang di sampaikan Eni lewat tulisan nya jika pasien punya riwayat stroke ternyata hasil swabnya positif berarti dia terpapar virus Covid bukan di Covidkan,begitu pula penyakit yang di alami pasien yang lainnya akan ditindak, kalau hasil swabnya negatif berarti tidak terpapar covid.

“Kalau ada yang akan ditindak/dibedah tenyata positif berarti penanganan dari mulai ruangan operasi,tempat perawatan dan APD petugas/dokter yang menindaknya juga akan sesuai dengan standar penanganan pasien yang positif,” urainya.

Kami disumpah dalam menjalankan profesi kami. Untuk apa kami mengCovidkan pasien ???

Kami juga punya keluarga dan anak anak yang harus dilindungi supaya tidak terpapar dari kami yang setiap harinya tetap melayani semampu kami

Ayo mulai sekarang kita olah mata,olah telinga,olah hati,olah rasa dan olahraga, caranya yakni Olah mata dengan cara melihat orang orang yang hidupnya lebih susah dari kita,melihat yang sedang terbaring sakit dan tak berdaya,melihat hari demi hari yang dimakamkan.

“Olah telinga dengan cara mendengarkan lantunan ayat ayat suci yang menenangkan,edukasi edukasi yang benar dan cerita yang jujur langsung dari pasien pasien yang pernah menjalani diisolasi dirumah sakit. Olah hati dengan cara selalu positif thinking dan tidak berprasangka jelek bahwa nakes mengcovidkan,”tutur Eni

Baca juga :  Polsek Lemahabang Polres Karawang Polda Patroli Dan Sosialisasikan 3M Di Minimarket

Olah rasa dengan cara lebih mendekatkan diri kepada Alloh SWT serta saling menghargai dan saling empati bersama sama dengan kegiatan kegiatan yang menginspirasi.

Yang paling akhir lakukan Olahraga dengan cara berlari atau jalan ditempat supaya imunitas kita tetap bagus Singkatnya.

Kabid Kesmas Dinkes Ciamis dr Eni Rohaeni berharap kepada seluruh lapisan baik intansi ataupun masyarakat bersinergis mendukung pemerintah dalam upaya bersama sama memutus mata rantai Covid -19 agar pandemi ini cepat berakhir. Pungkasnya. (yat)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru