oleh

Sektor 22 Citarum Harum Sub 9 Kembali Bersihkan Rumput Liar Di Sungai Cipamokolan

Bandung,kicaunews.com – Karyabakti pembersihan sungai, oleh subsektor 09 sektor 22 Citarum Harum terus digalakan dengan membimbing team gober kewilayahan di Sungai Cipamokolan wilayah Kelurahan Derwati Kecamatan Rancasari, Selasa (9/03/2021).

Perlunya pemeliharaan sungai, untuk menghindari bahaya banjir dan tata kelola sungai supaya meningkatkan index kebahagiaan masyarakat, yaitu sungai menjadi indah, bersih dan dapat bermanfaat banyak bagi warganya.

Peltu Ihwan, selaku Dansub 09-22 membawa pasukannya di titik lanjutan karya bakti tepatnya di wilayah Rw. 07 dengan membersihkan rumput liar yang makin rimbun dan tinggi sangat mengganngu pemandangan bahkan bisa menghambat lajunya arus air bila hujan lebat.

“Sungai Cipamokolan kondisinya ditumbuhi rumput yang tinggi dan subur, kami membersihkannya supaya bisa menghindari hal hal yang tidak diinginkan,” kata Ihwan.

Pembiaran pada kondisi sungai akan menjadi malapetaka, tapi bila sungai terpelihara dengan rutin akan berdampak positif, yaitu selain bisa meningkatkan daya tarik wisata juga sungai akan menjadi tempat yang bermanfaat bagi masyarakatnya.

Kondisi ini memerlukan gerak cepet dalam konteoling pembenahan bagi pemerintah, sehingga dengan kondisi rapihnya sungai akan menuntun daya tarik masyarakat dalam meningkatkan perhatian kebersihan secara alami.

“Bisa begitu juga dan sangat manusiawi jika seseorang melihat keadaan bersih dan rapih suatu tempat, ia akan enggan untuk mengotorinya, bisa bisa si warga ikut memeliharanya,” kata Ihwan.

Suatu tujuan yang presentatif bagi satgas Citarum Harum, yaitu menciptakan kebersihan sungai sehingga si sungai tersebut seolah bisa bicara ajakan kepada warga jika kondisinya sudah tercipta indah dan bersih juga airnya sehat digunakan.

“Saat ini satgas membersihkan 100 M dengan hasil sampah rumput liar 850 Kg, ini saya harap masyarakat dan aparatnya bisa memikirkan kelangsungan kebersihannya,” imbuh Ihwan.

Baca juga :  Kapolsek Krangkeng Kunjungi Kampung Tangguh

Pada pelaksanaan patroli Sungai Cipamokolan, sagas sangat berharap supaya warga bisa lebih tertib lagi, dengan mengelola sampah yang benar dan bisa memelihara kebersihan lingkungan sungai.

Upaya upaya dari  sagas tidak pernah kendor dalam melakukan sosialisasi program Citarum Harum, yaitu untuk menempatkan paradigma kecintaan lingkungan sungai yang bersih dan sehat kepada masyarakat.

“Kami melakukan sosialisasi pula kepada warga secara door to door, alhamdulillah bertemu dengan beberapa warga, yaitu dengab Ibu Titi, Ibu ratn, Ibu Ejih dan Hamdan ,” ucap Ihwan.

Dengan harapan, semua lapisan masyarakat bisa bergerak bersama sama dalam mewujudkan tata kelola lingkunan bersih, sehat dan indah.(*)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru