oleh

Wakil Walikota Bandung Tinjau Bongkaran Bangunan Liar Di Sempadan Sungai Cibodas

Bandung,kicaunews.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui. wakil Walikota (Yana Mulyana) mengunjungi lahan bongkaran Bangunan Liar di sempadan Sungai Cibodas Kelurahan Antapani Kidul Kecamatan Antapani, Kota Bandung, Senin (8/03/2021)

Pembongkaran bangunan liar Sungai Cibodas, merupakan perjuangan panjang dari Dansektor 22 Citarum Harum (Kol. Inf. Eppy Gistiawan, S.I.P.,), hingga mendorong para dinas terkait untuk memungsikan tugas pokok dan fungsinya supaya bergerak bersama sama untuk menegakan hukum yang benar.

Pada pendorongan pergerakan para dinas diatas, adalah lebih untuk mengambil sikap hukum yang benar secara preventif, tegas, humanis dan berbudaya.

Saat kunjungannya Yana mengatakan pada bincangan kecilnya bersama pihak BBWS, DPU dan aparat kewilayahan bahwa hasil perjuangan yang berat dan panjang ini jangan sampai disia siakan, maka diharap segera dibangun sesuai rencana.

“Penertiban sungai ini ada dibantaran sungai merupakan milik BBWS, yang meminta dilakukan sebagaimana harusnya”. Kata Wakil Walikota Bandung Saat di Wawancarai.

Terkait Satgas Citarum Harum menurut Yana, berfungsi juga menormalisasi anak anak Sungai Citarum, suatu sinergitas dan kolaborasi yang baik antara BBWS dan kewilayahan.

“Pemerintah kota pasti mendukung terutama normalisasi sungai, soalnya kadang kadang suka berakibat banjir,” tutup Yana.

Yana pun berharap, untuk rencana pembangunan di lokasi bongkaran bantaran Sungai Cibodas Antapani Kidul tepatnya di bangun sumur retensi.

Dansektor 22 Citarum Harum (Kol. Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P.,), serius menjalankan tugas Program Citarum Harum, yaitu untuk mewujudkan air sungai yang bebas dari limbah baik kimia maupun domestik.

Disamping itu, menurut Eppy untuk mewujudkan sungai dengan tata kelola yang benar, supaya tidak tidak menjadi bencana pada penduduk.

“Dengan adanya pembongkaran bangunan liar di bantaran sungai, merupakan awal keseriusan para pemangku jabatan, termasuk pemeliharaan sungai kedepan sehingga sedimentasi dan kebersihan sungai bisa terkendali,” ujarnya.

Baca juga :  Dansektor 22 Citarum Harum, Tinjau Langsung Praktik Penanaman Palawija Di Cimeunyan

Penataan dan normalisasi sungai kedepannya sebagai mitigasi terhadap masyarakat yang sering kena dampak banjir dan longsor, yang tidak lama ini pernah terjadi runtuhnya bangunan rumah tinggal akibat tekanan air yang tinggi ketika hujan deras.

Satgas Citarum Harum Hadir untuk merubah paradigma yang salah selama ini dianut masyarakat. Yaitu menuju tatanan lingkungan yang sehat bergerak diawali dari sungai yang bersih.

Hadir pada kesempatan ini, BBWS  Citarum, Kepala Dinas PU Kota  Bandung, DPKP3 Kota Bandung, Satpol PP Kota Bandung, Kepala Kesbangpol Kota Bandung, Distaru Kota Bandung, DLHK Kota Bandung, Kepala UPT DAS DPU Kota Bandung, Camat Antapani, Kapolsek Antapani, Danramil 1810/AAM Kodim 0618/BS, Lurah Antapani Kidul.(*)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru