oleh

Sektor 22 Citarum Harum Sub 9 Bersama Warga, Bersihkan Rumput Liar Di Sungai Cipamokolan

Kota Bandung,kicaunews.com – Dansub 9 Sektor 22 Citarum Harum bersama Baraya dan warga masyarakat turun langsung membersihkan rumput liar di sungai Cipamokolan Wilayah Rw. 01 dan Rw 7 Kel. Derwati, Kec. Rancasari, Kota Bandung. Minggu (7/3/2021).

Pantauan wartawan di lokasi, Seluruh personel kompak dan bahu membahu bersama warga membersihkan sampah dan rumput liar di aliran sungai sepanjang 300 meter. Ada yang membersihkan sampah ada pula yang membersihkan rumput liar.

“Sampah dan tanaman liar bila dibiarkan bisa menghambat laju air yang mengalir di sungai ini dan mengakibatkan banjir bila nanti turun hujan”. Ujar Dansub 9 Peltu Ikhwan.

Dampah dan rumput liar yang berhasil di kumpulkan kurang lebih 1500 kg. kemudian di angkut ke mobil dan di evakuasi ke TPS terdekat.

Menurut Ikhwan, sungai menjadi pilihan pembersihan karena selain sampah, rumput liar juga dikhawatirkan dapat menghambat aliran sungai.

“Sungai menjadi pilihan pembersihan karena selain sampah, rumput liar juga dapat mengakibatkan luapan air saat hujan nanti”. Jelas Ikhwan.

Ikhwan menuturkan, pembersihan sampah dan rumput liar terus dilakukan secara rutin agar tidak ada sumbatan aliran air saat hujan turun. Sehingga bisa meminimalisir banjir dan sungai dapat berpungsi dengan baik.

Selain itu, Lanjut Ikhwan, Sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terus dilakukan secara dor to dor agar warga masyarakat menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah ke sungai dan rutin melakukan perawatan dari rumput liar.

“Kita terus lakukan sosilaisasi serta edukasi kepada masyarakat untuk menjaga sungai agar bermanfaat. Caranya dengan tidak membuang sampah ke sungai. Pasti sungai banyak manfaatnya bagi kehidupan kita”. Pungkas Ikhwan.(*)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru