oleh

Sektor 22 Citarum Harum Sub 16 Rutin Bersihkan Sungai Dan Pengelolaan Kohe

Lembang,kicaunews.com – Musim penghujan, Satgas Sektor 22 sub 16 dipimpin Serma Epi Nana Rukmana membersihkan Sungai Cikapundung du Kp. Batuloceng RT. 01 RW. 09 Ds. Suntenjaya Kecamatan Lembang, Minggu (7/03/2021)

Dansub 16-22 (Serma Epi Nana) mengatakan, bahwa pembersihan ini dilakukan karena sungai mulai kotor oleh sampah, ditakutkan jadi penyumbat aliran sungai sehingga jadi penyebab banjir.

“Pembersihan sungai oleh satgas sub 16 sektor 22 Citarum Harum kurang begitu sering, dikarenakan bila tidak hujan sampah di wilayah ini jarang masuk ke wilayah sungai,” kata Epi.

Pembersihan Sungai Cikapundung sepanjang 250M dengan hasil sampah sebanyak 150 kg. Sampah didominasi oleh potongan tumbuhan gulma yang diperkirakan bekas pembersihan lahan ataupun kebun yang hanyut oleh air hujan.

Rutinitas satgas sub 16 sektor 22 lebih dominan pada pengelolaan kotoran hewan (kohe) yang dijadikan pupuk kompos, yaitu sebagai penekanan tindakan supaya bisa mengurangi tibgkat pencemaran sungai oleh kohe.

“Kami dari Satgas Citarum sektor 22 sangat berkeinginan untuk menyelesaikan problem kohe di Kecamatan Lembang, upaya ini terus dilakukan baik melalui daya guna kompos, kascing dan industri rumah tangga lainnya supaya mereka bisa mengurangi tingkat pencemaran,” imbuh Epi Nana.

Pembuatan pupuk kompos di Kp.  Pasirwangi Desa Gudang Kahuripan, sebagai contoh kepada para peternak sapi, supaya mereka bisa mengikuti jejak penyelamatan pencemaran air dan lingkingannya dengan berkreasi membuat hal yang sangat berguna bagi masyarakat.

Keseriusan meminimalisir tingkat daya pencemaran sungai, baik oleh sampah maupun kohe, Satgas Sub.16 sektor 22 Citarum setiap hari melakukan sosialisasi di RW. 09 Desa Suntenjaya.

“Kami melakukannya bersama Bpk. Tohari, Bpk Iwan, Bpk Budi dan Bpk Memed. Yaitu mengimbau kepada masyarakat agar tidak buang sampah ke sungai dan ikut serta dalam menjaga kebersihan sungai,” ucap Epi. (*)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru