oleh

Festival Bogor Timur 2021 Akan di Gelar Bulan Juni

Bogor, Kicaunews.com – Bertempat di Yayasan Anugerah Qalam Indonesia (YAQIN), Kampung Kubang RT 10/05 Desa Jatisari Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor 16820. Panitia Festival Bogor Timur lakukan rapat pemantapan untuk acara pada hari Minggu 07 Maret 2020.

Berawal dari silaturahmi komunitas Sastra Alinea Baru dan seniman Bogor Timur ke Dewan Kesenian Kabupaten Bogor (DKKB) dalam rangka merancang giat seni budaya di wilayah Bogor Timur, Jumat (12/2/2021).

Saudara Putra Gara selaku ketua DKKB menerima kunjungan dari komunitas alinea baru dan sastrawan tersebut.

Ismail Luthan, sastrawan yang juga inisiator dari pertemuan tersebut mengatakan “Kami berharap DKKB dapat mengakomodir giat kami para pelaku seni budaya di Bogor Timur. Karena banyak yang harus dilakukan DKKB terkait seni budaya Bogor umumnya, Bogor Timur khususnya,”.

“Pertemuan ini langkah awal kita, semoga akan lebih mengerucut pada perencanaan untuk giat ke depan. Sebagai catatan, giat ini kita agendakan saja di Juni mendatang, bertepatan dengan hari jadi Bogor,”.

Pendongeng nasional Denny Kadarusman selaku panitia koordinator acara mengatakan dalam rapat pemantapan siap membantu juga meriahkan Festival Bogor Timur yang akan digelar bulan Juni mendatang.

“Saya siap dan antusias sekali dengan festival Bogor Timur ini. Saya yakin festival ini akan sukses.

Kak Denny yang juga ketua Umum Yayasan Anak Bangsa Indonesia (YABI) dan mempunyai jaringan cukup luas di tanah air mengatakan, Jonggol ataupun Bogor Timur memang harus dieksplor keseniannya. Mengingat di sana banyak terdapat kesenian-kesenian rakyat (tradisional). Baik jenis dan coraknya berbeda dengan jenis kesenian serupa yang terdapat di wilayah lainnya.

“Jadi memang perlu dieksplor, terutama kesenian tradisionalnya, agar orang tahu, ternyata Jonggol juga mempunyai kesenian yang unik dan kaya,” tambahnya.

Baca juga :  DanLanud Sim Kolonel Pnb Hendro Arief H., S.Sos., Tegaskan Anggota Agar Mahir Menembak

Pihaknya, lanjut Kak Denny, sebenarnya sudah dari dulu ingin mengekplorasi kegiatan kesenian di wilayah Bogor Timur tersebut. Namun masih belum kesampaian karena kesibukan lain yang tidak bisa ditinggalkan.

Pihaknya pun bisa mempersiapkan dongeng-dongeng anak yang berlatar tradisi (kesenian) yang terdapat di tatar Bogor bagian Timur itu.

Di rapat panitia, Kak Denny juga katakan ingin mengajak panitia mengunjungi salah satu obyek berkesenian yang dipadukan dengan pariwisata (eduwisata) di kaki Gunung Batu, Kecamatan Sukamakmur, yang dikelola oleh rekannya.

“Obyek itu bernama Kampung Sawah Berani (Bertani Membangun Negeri). Terletak di kaki Gunung Batu. Berani mempunyai lahan lebih dari 200 ha,” tambah Kak Denny yang saat ini sedang menjalin kerjasama dengan lembaga internasional, berpusat di Universitas Lincoln, London, Inggris. Dalam kerjasama kesenian yang bernama MAP (Mobille Art Performance)

Sementara itu ketua panitia Festival Bogor Timur H. Ismail Lutan mengatakan, “Masukan Kak Denny tersebut sangat positif dan menambah semangat panitia untuk bekerja all out menyukseskan festival ini,”.

Dikatakan Ismail Lutan, dari bulan Februari panitia sudah mendata seluruh potensi kesenian yang terdapat di Bogor Timur, kemudian merampungkan proposal sehingga bisa ‘action’.

“Kedatangan Kepala Desa Jatisari, Kecamatan Jonggol dalam rapat menjadi motivasi kami, Insya Allah acara ini akan di gelar tanggal 25-27 Juni 2021 di GOR Jonggol, kami yakin acara ini bisa sukses,”tutup Ismail.

(Red/AW)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru