oleh

Asok Glondong Pangareng areng Desa Kepudang Binangun Cilacap

Cilacap, Kicaunews.com – Asok Glondong Pangareng areng adalah kegiatan bermuatan tradisi lokal sebuah cara untuk lebih menarik minat warga masyarakat Desa Kepudang guna membangkitkan kesadaran masyarakat Desa Kepudang dalam kewajiban membayar SPPT.

Proses kegiatan Asok Glondong Pangareng areng diantaranya saat penyerahan pembayaran yang diserahkan oleh perwakilan RT seluruh yang mengikuti kegiatan menggunakan pakaian adat tradisional Jawa beskap Banyumasan. Rabu (3/3/2021)

Warga masyarakat Desa Kepudang sebelumnya mengumpulkan uang pembayaran pajak dengan cara memasukan SPPT dan uang pembayaran senilai jumlah pajak yang tertulis di SPPT di masukan kedalam kajut (kantong kain) warna kuning, sedangkan warna kuning melambangkan warna burung kepudang.

Tiap tiap ketua RT menyediakan sebuah tebok/ceting (tempat nasi dari bambu) yang di gunakan sebagai tempat mengumpulkan kantong kain warna kuning berisi uang pembayaran dan kertas SPPT yang diserahkan oleh tiap wajib pajak yang ada di wilyah RT di Desa Kepudang.

Selanjutnya Tebok/ceting di masing masing RT yang berisi kain warna kuning bersama isinya dipindahkan Kantor kedalam kotak peti.

Kotak PETI beserta isinya diserahkan oleh para Ketua RT kepada Pemerintahan Desa Kepudang yang diterima langsung oleh Kepala Desa Kepudang Kasno S.H, dan oleh Kades Kasno S.H disetorkan pada Petugas dari BPPKAD Cilacap disaksikan oleh Camat Binangun Nurindra Wahyu Wibawa S.Sos, M.Si beserta Jajaran Forkopimcam Binangun kabupaten Cilacap.

Kepala Desa Kepudang Kasno S.H menjelaskan Pada Awak Media Kicau news Bahwa Asok Glondong Pangareng areng mengandung arti Masyarakat Desa memberikan upeti Berupa pelunasan pembayaran pajak.

“Pajak yang di serahkan oleh warga Desa Kepudang adalah berupa pembayaran SPPT yang LUNAS dalam waktu sehari,”singkatnya.(Mugiono)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru