oleh

Majelis Mentor Mahabbah Bulan Ini Membahas Kajian Fiqh Kontemporer Oleh Ust Ahmad Yani

Jakarta, Kicaunews.com – Pengajian bulanan Majlis Mentor Mahabbah (MM) yang sudah diadakan ke enam kali nya ini di dilaksanakan pada Hari Ahad, 16 Rajab 1442 H bertepatan Tanggal 28 Februari 2021 M bertempat di Mushola Hidayatus Sholihin, Jl Raya Condet Gg H Nasih, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur.

Majlis di awali dengan lantunan sholawat dan oleh Ust Haris, kemudian di lanjutkan dengan pembacaan Zikir Ust Ali dari Majelis Nurul Qolbi dan Doa arwah serta di lanjutkan dengan kajian Islami dan siraman rohani.

Pada kajian bulan ini, Tema Fiqh Kontemporer di sampaikan oleh Ust Ahmad Yani, M.Ag kepada para jamaah Mentor Mahabbah.

Berikut kajian nya, Kata Fiqih secara bahasa, berarti Al-Fahm (pemahaman atau paham disertai Ilmu pengetahuan).
Ada juga yang menyatakan bahwa fiqih menyangkut pemahaman yang diperoleh melalui persepsi berfikir yang mendalam bukan sekedar tahu atau mengerti.

Sedangkan secara istilah, kata fiqih didefiniskan oleh para ulama dengan berbagai definisi yang berbeda-beda.

Adapun definisi istilah fiqih yang dikenal para ulama adalah ilmu yang membahas hukum-hukum syariat bidang amaliyah (perbuatan nyata) yang diambil dari dalil-dalil yang terperinci.

Klasik menurut kamus besar bahasa Indonesia definisi klasik adalah sesuatu yang mempunyai nilai atau mutu yang diakui dan menjadi tolak ukur kesempurnaan yang abadi atau karya sastra yang bernilai tinggi serta langgeng dan sering dijadikan tolak ukur atau karya sastra zaman kuno yang nilai kekal.

Jadi Fiqih Klasik adalah ilmu hukum yang berkembang pada periode kenabian dan muncul tidak sekedar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada zamannya tetapi telah juga menyiapkan warisan berharga untuk membangun hukum dimasa depan.

Fiqih klasik banyak berisi hukum Islam yang mengatur Pelaksanaan ibadah-ibadah, yang dibebankan pada muslim yang sudah mukkalaf yaitu kaitanya dengan lima prinsip pokok (wajib, sunnah, makruh, haram, dan mubah) serta membahas tentang hukum-hukum kemasyarakatan (muamalat).

Baca juga :  Akan Lalui jalur Hukum, Ketiga Pemuda Yang Bikin Onar Diacara Pesta Pernikahan

Sementara itu, arti Fiqh Kontemporer, Dalam kamus bahasa Indonesia bahwa pengertian kontemporer berati sewaktu, sesama, pada waktu atau masa yang sama, pada masa yang kini, dan dewasa ini.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Fiqih Kontemporer adalah perkembangan pemikiran fiqih pada masa yang kini. Dalam hal ini yang menjadi titik acuan adalah bagaimana tanggapan dan metodologi hukum islam dalam memberikan jawaban terhadap masalah masalah kontemporer.

Acara di tutup doa , setelah itu di lanjutkan dengan ramah tamah sambil santap jasmani sate kambing, gulai kambing.

M hotib Zaelani, S.Ag, Selaku ketua umum Majlis Mentor Mahabbah (MM) mengatakan bahwa Talim bulanan di Mentor Mahabbah (MM) pada hakekat nya menjalin kebersamaan dan persatuan, Majlis Mentor Mahabbah ini Insya Allah di adakan setiap bulan nya, tempat nya di gilir setiap bulan nya, dan kami akan menjadikan media Whats Ap atau media HP sebagai ajang Silaturahmi dan da’wah.

Lebih lanjut di katakan Mpok Sanny sebagai wakil Ketua Majlis Mentor Mahabbah, kami juga sangat antusias dalam menjalankan misi dakwah dan misi silaturahmi.

Semoga kami bisa istiqomah mengadakan Talim bulanan ini,tutup M hotib Zaelani,S.Ag selaku ketua umum Majlis Mentor Mahabbah.

(Red/AW)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru