oleh

Sektor 22 Citarum Harum Sub 2 Bersihkan Tumpukan Sampah Di Sungai Cikapayang 

Bandung,kicaunews.com – Tumpukan sampah rumah tangga kembali terlihat di Sungai Cikapayang di Rw. 11 Kelurahan Sukamaju Kecamatan Cibeunuing Kidul, langsung dibersihkan Satgas Sektor 22 Sub 02, Selasa (23/02/2021).

Diwilayahnya menurut Pelda Nursuhud (Dansub 02-22) ceceran sampah rumahan seperti ini jarang terjadi, karena menjadi penasaran pembersihan jadi meluas ke wilayah Rw. 12.

“Memang jarang seperti ini bahkan saya rasa baru kali ini tumpukan sampah rumahan banyak, mungkin terjadi karena aliran hujan 2 hari kemaren yang membawa sampah sampah ini ada,” ujar Nursuhud.

Pada pembersihan ini satgas dibantu tim gober kelurahan sepanjang 300 M hingga sampah yang terangkat sebanyakk 200 kg.

Untuk memgikuti rasa penasarannya Pelda Nursuhud melanjutkan dengan patroli sungai bersama anggotanya.

“Kami telusuri jejak sampah dengan melakukan patroli sungai, ternyata sampah hanya berada di lokasi tadi doang, kami melanjutkannya dengan patroli jaring sungai di wilayah sub 02,” kata Nursuhud.

Tidak ditemukan hal yang menonjol pada patroli sungai, namun demi mastikan warga kondusif tidak membuang sampahnya ke sungai, maka Satgas Sektor 22 Sub 02 melakukan komunikasi sosial dengan warga, menyampaikan imbauan tertib bersih sungai dan lingkungan.

Yang dilakukan satgas sebenarnya mendorong pada program Pemerintah Kota Bandung, yaitu pada program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Kang Pisman, Bebas ODF dan Bebas Stunting.

Satgas sektor 22 Citarum Harum, turut pula melestarikan Pengurai Lombah Kakus (Pelika) merupakan Deklaratorny adalah warga Kelurahan Sukamaju. Maka jelas upaya ODF 100% dan Bebas Stunting akan dimulai dari Sungai Cikapayang wilayah yang sedang ia bersihkan. (*)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru