oleh

Melalui Problem Solving, Bhabinkamtibmas Bersama Babinsa Grogol Utara Berhasil Damaikan Warga

Jakarta, Kicaunews.com – Bhabinkamtibmas dan Babinsa merupakan ujung tombak di kewilayahan, peran dan tugasnya tidak bisa di pandang sebelah mata, mengingat kewajibannya yang selalu hadir di tengah – tengah masyarakat dan membantu menyelesaikan memecahkan masalah ( problem solving ) yang dialami oleh warga binaannya.

Hal inilah yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Kelurahan Grogol Utara Kepolisian Sektor Kebayoran Lama Polres Metro Jakarta Selatan AIPTU Kasim bersama Babinsa Kelurahan Grogol Utara Koramil 04 Kebayoran Lama Distrik 0504/JS Serda Wahyono telah melaksanakan problem solving atau penyelesaian masalah yang terjadi pada warga binaannya di lingkungan RT.02/07 Patal Senayan, Grogol Utara – Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jum’at ( 22/01/2012 ) pukul 20.30 WIB.

Adapun langkah langkah yang diambil oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa Grogol Utara dalam menyelesaikan permasalahan warganya ini dengan mengajak tokoh masyarakat setempat, serta memanggil kedua belah pihak yang bertikai.

Di sela – sela penyelesaian masalah ini Bhabinkamtibmas dan Babinsa memberikan nasehat dan himbauan Kamtibmas tentang pentingnya hidup rukun dan damai serta toleransi, tanpa adanya permusuhan antar masyarakat serta mengajak kedua belah pihak untuk menjaga keamanan dan ketertiban.

Dengan mediasi ini, kedua belah pihak sepakat damai dan masalahnya diselesaikan secara kekeluargaan, dan kedua belah pihak berterima kasih kepada Bhabinkamtibmas dan Babinsa. Diakhir mediasi ini Bhabinkamtibmas membuatkan surat pernyataan yang di tanda tangani oleh kedua belah pihak dan saling meminta maaf serta berjanji untuk tidak mengulanginya lagi dan tidak saling dendam atas kejadian yang sudah terjadi.

Lebih lanjut, Kapolsek Kebayoran Lama Kompol Indra Ranudikarta, S.Ik, M.Si melalui Kasie Humas Bripka membenarkan adanya penyelesaian masalah warga binaan melalui problem solving yang dilakukan Bhabinkamtibmas dan Babinsa, adapun kasus yang dilakukan mediasi dengan cara problem solving khusus kasus kasus ringan saja.

Baca juga :  Kanit Intelkam Polres Karawang Galang Perangkat Desa Ajak Ciptakan Situasi Kondusif Jelang Pilkada 2020

” Problem solving ini juga bertujuan agar permasalahan warga tidak meluas, sehingga dapat menimbulkan konflik sosial ” pungkasnya (Tomi)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru