oleh

Picu Kerumunan, JPMI Desak Kapolri Copot Kapolda Metro Jaya dan Cabut Izin Waterboom Lippo Cikarang

JAKARTA, KICAUNEWS.COM- Presidium Jaringan Pemuda dan Mahasiswa Indonesia (JPMI), Mukhlas meminta agar Jenderal Polisi, Idham Azis selaku Kapolri, segera mengambil langkah atas adanya kerumunan di tempat wisata, Waterboom Cikarang dengan cara mencopot Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran yang dinilai, tidak tegas dan lalai dalam menjalankan tugas, mengantisipasi kerumunan massa ditengah terus meningkatnya angka penyebaran Covid-19.

Mukhlas, Presidium Jaringan Pemuda dan Mahasiswa Indonesia. Samping kiri, Wakapolri, Komjen Pol. Gatot Eddy,

“Bila kita melihat konteks, adanya kerumunan di Waterboom Lippo Karawang ini, tentu yang harusnya di mutasi itu bukan cuma Kapolsek Cikarang Selatan. Akan tetapi juga Kapolda Metro Jaya, karena kawasan Waterboom Lippo Kerawang. Secara teritorial hukum kepolisian, masuk di wilayah Polda Metro Jaya. Artinya, dengan adanya peristiwa kerumunan itu, berarti ada semacam ketidak tegasan dari Polda Metro Jaya,” katanya, Kamis (14/01) dalam siaran Persnya.

Diketahui, Minggu (10/01) kemarin, peristiwa kerumunan massa tanpa protokol kesehatan di tempat wisata Waterboom Lippo Cikarang, kembali terjadi. Pihak pengelola wisata Waterboom Lippo Cikarang memberikan diskon harga tiket sebesar 90 persen, sebagai upaya untuk menarik banyak pengunjung datang.

Menurut Mukhlas menjelaskan, kejadian kerumunan di Waterboom Lippo Cikarang, dengan peristiwa kerumunan di Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang. Pada saat Habib Rizieq Shihab datang ke Indonesia dan kerumunan di Petamburan, Tanah Abang Jakarta Pusat.

Logo Jaringan Pemuda dan Mahasiswa Indonesia (JPMI)

“Bicara kerumunan ini, konteksnya hampir sama dengan kejadian kerumunan sebelum-sebelumnya. Contohnya ketika ada kerumunan di Bandara Soetta, Kapolda Metro itu langsung dicopot, dan saat ini apakah Kapolri berani dan akan mencopot Pak Irjen Fadil Imran dari jabatan Kapolda. Prinsipnya, kalau bicara soal keadilan hukum, harusnya dicopot juga,” jelasnya

Informasi, Polda Metro Jaya, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus. Pihaknya telah melakukan demosi pada Kapolsek Cikarang Selatan, Kompol Sukadi berupa pelepasan jabatan.

Baca juga :  Untuk Menekan Jumlah Kriminalitas, Polsek Bacip Polrestabes Bandung Yanmas Malam Bandung Lautan Biru

Keputusan demosi itu tertuang dalam surat telegram yang dikeluarkan Kapolda Metro Jaya dengan nomor KEP/14/I/2021 tertanggal 11 Januari 2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polda Metro Jaya.

Selanjutnya, Kompol Sukadi akan menjabat Kaurpenum Subbidpenmas Bidhumas Polda Metro Jaya. Sementara itu, Jabatan Kapolsek Cikarang Selatan nantinya akan diisi oleh Kompol Sutrisno, yang sebelumnya menjabat Kaurpenum Subbidpenmas Bidhumas Polda Metro Jaya.

Lebih lanjut, Mukhlas juga medesak agar, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, segera mencabut izin operasi Waterboom Lippo Karawang.

“Bagi saya, kalau kejadiannya sudah begini, bukan cuma Kapolda Metro Jaya yang harus dan layak dicopot, akan tetapi juga, izin Waterboom Lippo Cikarang itu, harus dicabut. Negara hari ini sedang diterjang wabah, perlu kerjasama semua pihak. Harusnya Lippo itu taat hukum dong,” tambahnya. (Haji Merah)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru