oleh

Antisipasi Bencana Banjir di Musim Penghujan, Tim Siaga SAR Brimob Polda Jabar Cek Debit Air Sungai Cipaniis

Cirebon, Kicaunews.com. – Tim Siaga SAR Kompi 1 Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar yang tergabung dalam satgas Aman Nusa laksanakan pemantauan debit air dan juga arus serta ketinggian di beberapa pintu air di aliran Sungai Paniis Desa Wanasaba Kidul, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon guna mengantisipasi terjadinya bencana banjir saat memasuki musim penghujan seperti yang terjadi saat ini.

Sungai Paniis adalah salah satu sungai besar yang mengalir melalui beberapa desa di Kabupaten Cirebon. Sehingga kegiatan pengecekan ketinggian air rutin seperti saat ini wajib untuk dilaksanakan, karena nantinya apabila hujan deras dalam waktu yang cukup lama tentunya kiriman air dari daerah perhuluan seperti Kuningan akan turun ke Cirebon mengakibatkan meningkatnya ketinggian air di beberapa sungai yang ada di Cirebon.

Aiptu Tarya yang pimpin jalannya kegiatan menyampaikan, “kami mengecek dan memantau langsung ketinggian serta debit air di Sungai Cipaniis ini, untuk hari ini ketinggian air sedikit mengalami peningkatan tetapi masih dalam batas aman akibat hujan deras yang terjadi tadi malam”, jelas Aiptu Tarya.

Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol Asep Saepudin S.I.K saat dikonfirmasi menyampaikan “Dengan melaksanakan pemantauan dan juga pengecekan debit air, serta ketinggian air seperti halnya yang dilakukan jajarannya kita bisa melaksanakan deteksi awal atau deteksi dini mengantisipasi apabila nantinya terjadi banjir akibat meluapnya air sungai”,jelas Dansat.

Dengan rutinnya kegiatan pengecekan ke beberapa sungai yang ada di Kota maupun Kabupaten Cirebon seperti yang dilaksanakan saat ini, nantinya Satuan Brimob dapat mengambil langkah tepat dan pasti baik itu dalam penanganan bencana ataupun pasca bencana terjadi. Warga juga tetap kami himbau, terutama kepada masyarakat yang tinggal di sepanjang aliran sungai untuk tetap waspada dengan kondisi cuaca saat ini.

Baca juga :  Brimob Polda Jabar Himbau Mengenai Protokol Kesehatan Kepada Para Warga Kampung Babakan Priangan Bandung Barat

Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K., menambahkan “kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Bakti Brimob Polda Jabar untuk masyarakat dalam menghadirkan Negara di tengah-tengah masyarakat”.

“Ini merupakan wujud Bhakti Brimob Polda Jabar dalam hal ini di wilayah Cirebon, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta kedekatan emosional antara Brimob dengan Masyarakat dalam mengantisipasi Bencana Banjir ″, ujarnya Kombes Pol. Asep Saepudin.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru