oleh

Hujan Deras Akibatkan Banjir dan Tanah Longsor di Banyumas

 

Banyumas,Kicaunews.com Hujan Deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Banyumas bagian selatan semalam suntuk mengakibatkan terjadi bencana banjir dan tanah longsor. Selasa 17/11/2020

Seperti adanya jalan raya utama dan pemukiman penduduk yang tergenang air di Kecamatan Kemranjen serta juga terjadi bencana tanah longsor di beberapa tempat di kecamatan Sumpiuh .

Daerah yang tergenang air diantara jalan raya utama arah Bandung Jogjakarta via Buntu tepatnya di Desa Kebarongan sebelah timur Pracetak Buntu atau di depan MTS Salafiyah Kebarongan juga mengakibatkan kemacetan panjang hingga ke perempatan Buntu.

Genangan air juga terjadi di depan SPBU Kedung Pring sebelah timur jembatan kali Gatel ,sehingga laju kendaraan tidak bisa berjalan lancar dan dirasa sangat mengganggu kelancaran transportasi dengan volume kendaraan yang lewat sangat padat.

Pemukiman penduduk Desa di wilayah kecamatan Kemranjen banyak yang tergenang air masuk kedalam rumah penduduk khususnya yang langganan banjir bila curah hujan yang turun cukup deras adalah Sidamulya grumbul Gejabur , Desa Sirau dan Desa Grujugan.

Camat Kemranjen Dwi Irawan Sukma S.STP MHum menjelaskan pada awak media Kicau news bahwa ada dua titik di ruas jalan utama status jalan Nasional yang mengakibatkan kemacetan kendaraan karena adanya genangan air yaitu di Desa Kedungpring dan Desa Kebarongan , hal tersebut di mungkinkan adanya pendangkalan dasar sungai di Kali Gatel dan Kali Tipar sebagai saluran air. Dengan kejadian banjir ini di harapkan Balai besar Serayu opak untuk bisa segera melakukan Normalisasi sungai di wilayah Kecamatan Kemranjen.

Kades Selanegara Kecamatan Sumpiuh Santo menjelaskan pada awak media Kicau news bahwa Hujan deras yang terjadi mengakibatkan beberapa lokasi di Desa Selanegara terjadi tanah longsor , sementara ini yang terpantau dua rumah tertimbun tanah longsor sedang mengenai kerugian material belum bisa di taksir.

Baca juga :  Bukber Bersama Junior Di Kediamannya, Bahrullah Akbar Ajak Terus Jalin Silaturahmi

Dari pantauan awak media kicau news di beberapa tempat di Kecamatan Sumpiuh juga mengalami musibah akibat hujan deras yang terjadi seperti adanya satu korban jiwa dan material di Desa Bogangin serta jembatan arah Kemiri – Selandaka Ambles , taman kota Sumpiuh Kebokura Banjir , rumah penduduk sekitar Desa Pandak juga mengalami kebanjiran.

Ari dari Team Novita Center menjelaskan pada awak media kicau news mempersiapkan akan segera ke titik titik lokasi yang terjadi musibah bencana untuk sedikit membantu pemberian berupa nasi kotak , biscuit dan air minum kemasan untuk di berikan pada warga yang terkena musibah .

Wr.  ( Mugiono ).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru