oleh

Pembelajaran Saat Pandemi, Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh Berikan Edukasi Warga Tangsel

TANGSEL, KICAUNEWS.COM — Bertempat di kediaman bapak Alm. Sobar di komplek Depkes blok D3 no.15 jalan Ki Hajar Dewantara Ciputat, Tangerang Selatan Pada kamis 29/10/2020 belum lama ini, Kelompok KKN BK 065 dan 080 Universitas Malikussaleh kembali mengadakan Sharing session bersama warga Rt. 004.

Dilakukanya kegiatan ini tetap dengan menjalankan protokol kesehatan yang berlaku.

Kegiatan edukasi kali ini diikuti oleh anak-anak. Komplek Depkes, sehubungan dengan hari besar Maulid Nabi Muhammad SAW. Mahasiswa KKN menerapkan sistem belajar sambil bermain untuk mengajarkan anak-anak mengenai Mengaji, Sejarah dan kisah Nabi Muhammad SAW.

Pada sesi Mengajar, Anggota KKN Achmedina Salsabila yang juga mahasiswi Psikologi mengajak anak-anak belajar dengan bermain permainan menarik yang dapat Mengevalusi proses penyampaian informasi serta melatih interaksi pada anak.

“Sebagaimana yang saya dapat dibangku diperkuliahan, Anak-anak butuh hal menarik yang dapat memberikan semangat belajar disaat pandemi,” Katanya.

Dalam kesempatan KKN ini, lanjut Salsabila, Kami juga memberikan edukasi tips mengajar kepada orang tua agar minat belajar Anak tetap tinggi.

“Ada banyak gaya belajar anak, mulai dari gaya belajar auditori, visual, hingga kinestetik. Anak yang punya gaya belajar kinestetik akan lebih menyukai aktivitas pembelajaran yang aktif, bergerak, lewat sebuah permainan. Berbeda dengan gaya belajar anak auditori yang lebih menyukai ketenangan,” Jelasnya.

Tidak hanya itu, Kepada orang tua saya pun berpesan Dengan memahami gaya belajar spesifik dari sang anak, akan memudahkan untuk mendukung mereka menerima dan menangkap pelajaran. Apalagi di masa virtual schooling, di mana orangtua menjadi pendamping dan jembatan antara guru dan murid selama masa pengajaran.

Dirinya juga berpesan kepada orang tua Harus Sering menghabiskan waktu bersama anak. Secara tidak langsung ini dapat memahami gaya belajarnya dan Perlu menanyakan kesulitan yang anak hadapi.

Baca juga :  Tingkatkan Perekonomian Warga, Desa Bangun Karya Bina Home Industri

“Intinya KKN kami ini memberikan edukasi meningkatkan semangat belajar kepada Anak dan juga memberikan Edukasi kepada Orang tua agar anak bisa semangat belajar saat pandemi,” Terangnya.

Sementara Anggota KKN Lainnya, Intan NurulIzzah dari jurusan Pendidikan dokter ikut memberikan ilmu yang didapatnya dibangku perkuliahan.

Dirinya pun berpesan agar mengutamakan cuci tangan dan memakai masker disetiap aktivitas.

“Kami hanya berpesan kepada orang tua agar mengingatkan anak-anak untuk mencuci tangan dam memakai masker serta memberikan makanan yang bervitamin dan jangan jajan sembarangan,” Katanya.

Hal senada juga disampaikan Muhammad Andy Arief (Teknik Arsitektur) yang juga sebagai ketua kelompok KKN menambahkan, kegiatan sharing session akan terus dilakukan, berkaitan dengan kebutuhan masyarakat sampai berakhirnya KKN.

Sebab itu, dengan kegiatan ini diharapkan dapat membangkitkan semangat seluruh generasi yang ada dikomplek setempat dalam menjalani kehidupan dan edukasi-edukasi ditengah pandemi.

Sementara itu, Amanudin, Ketua RT 004 menyampaikan, Saya mengapresiasi pengetahuan teman-teman mahasiswa, yang saya lihat dan saya dengar pengetahuan agamanya cukup lumayan. Kebetulan saya dikampus mengajar agama, kewarganegaraan, dan dasar psikologi. Tidak semua mahasiswa seperti itu, ini yang saya lihat teman teman mahasiswa ini luar biasa, bisa mengajar, sangat edukatif. Juga pengetahuan agamanya diaplikasikan ke TPA kami.

“saran saya, apabila mahasiswa turun kelapangan, hal seperti ini yang perlu ditumbuhkan” tambahnya.

“Generasi muda adalah penerus dan harapan bangsa, salah satu fundamen yang seharusnya adalah agama. Agama apapun itu. Teruskan belajar agama itu sangat penting. Kekuatan beragama harus ditanamkan sejak kecil.” Tandasnya.(Rilis/Red)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru