oleh

Rutan Banyumas Adakan Pengajian Dalam Rangka Maulid Nabi Muhammad SAW

Banyumas, Kicaunews.com – Bulan Robi’ul awal merupakan Bulan yang diperingati umat islam diseluruh dunia sebagai bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Tak ketinggalan Keluarga Besar Rutan Kelas IIB Banyumas, termasuk 102 Warga Binaaan Muslim turut hadir dalam pengajian akbar memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Sabtu (7/11/2020).

Acara diawali pembukaan dengan pembacaaan ummul kitab, Ayat Suci Alqur’an dan sari oleh perwakilan Warga Binaan. Sari Tilawah dibawakan dengan merdu hasil pembinaan di Rutan Kelas IIB Banyumas.

Kemudian Kepala Rutan Banyumas, Winarso, A.Md.IP.,SH.,MH. menyampaikan sambutannya, Karutan menjelaskan tujuan pemasyarakatan yaitu membina Warga Binaan Pemasyarakatan agar menyadari kesalahannya, memperbaiki diri dan tidak mengulangi lagi dan kembali ke masyarakat dan dapat berperan aktif dalam pembangunan.

Dalam unit Rutan Banyumas terdapat 2 (dua) pola pembinaan yaitu pembinaan Kepribadian dan Pembinaan Kemandirian.

Kemudian saat break di tampikan kesenian Musik Thek-thek / Kenthongan Banyumasan dengan 2 buah lagu yang dibawakan oleh Warga Binaan.

Musik Thek thek ini merupakan salah satu buah hasil pembinaan di Rutan Banyumas yang semakin memeriahkan Kegiatan yang berlangsung.

Kemudian peserta acara mengikuti ceramah yang disampaikan oleh Bapak Ustadz Drs. Bambang Sucipto, Mpd.

Dalam isi ceramahnya pertama mengajak senantiasa bersyukur terhadap nikmat Alloh SWT. Kedua modal masuk surgannya Alloh SWT yaitu Iman yang mantap dan Ibadah, jika modal tersebut masih kurang, Ustadz Bambang mengajak mengharapakan kasih sayang Alloh SWt dan Syafa’at Rosululloh Muhammad SAW.

“Hidup itu optimis, Bekerja dan berdo’a Penentu Alloh, SWT., Sesekali tolong, jangan sekali – kali engkau berputus asa dengan rohmat alloh swt. termasuk kalian kalau bertobat jangan berputus asa,” ungkapnya.

Kalian pulang nanti dari sini saya harus menjadi anggota masyarakat bila perlu menjadi pempin dan menunjukan hasil pembinaan di Rutan Purwokerto (Banyumas) ini, Allohuma Aamiin. Tambahnya.

Baca juga :  Anggota Polsek Cikedung Antisipasi C-3 Patroli Strong Point

acara ditutup do’a bersama dengan harapan berakhrinya pandemi Covid-19, keselamatan bangsa dan Negara Indonesia dan seluruh dunia umumnya.

Bagian Humas Rutan Banyumas Waluyo pada awak media Kicau menjelaskan bahwa acara juga dihadiri Dekan Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Prof. Ade Maman Suherman. M.Sc. Kepala Kantor Kemenag Banyumas, Aksin Aedi, Kepala Kejaksaan Negeri Banyumas melalui Kasi Barang Bukti dan Rampasan, Sujadi, SH. dan Forkompimda Banyumas melalui Forkompimcam Banyumas. (Mugiono)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru