oleh

Kol.Inf. Eppy Gustiawan :”Normalisasi Sungai Cipamokolan Butuh Waktu Tak Sedikit”

Kota Bandung,kicaunews.com – Dalam rangka antisipasi banjir di Sungai Cipamokolan Kecamatan Rancasari Kota Bandung, Sektor 22 Citarum Harum yang dipimpin langsung oleh Kolonel Inf. Eppy Gustiawan, melaksanakan kegiatan Karya Bakti Terpadu sepanjang Sungai Cipamokolan.

Menggerakan dinas terkait, gober, dan stakeholder setempat sebagai penentu kebijakan. Dimana ini harus ditindak lanjuti, demikian di Sampaikan Kol. Inf. Eppy Gustiawan Kepada Wartawan. Senin (2/11/2020).

Adapun masalah yang komplek menurut dia, adalah terkait masalah kirmir, sidementasi, limbah rumah tangga, dan penataan lingkungan.

“Itu tidak cukup hanya dengan menggunakan tenaga manusia, tapi harus juga menggunakan alat yang ada meskipun dengan keterbatasan sarana dan prasarana”. Ujarnya.

Eppy menerangkan, “Adapun batasan kekuatan Kali Cipamokolan sekitar 1,6 km. Kirmir dan bangunan liar sekitar sungai yang akan kita tindak lanjuti sampai ke hulunya. Antapani Tengah dan Cisaranten Endah dari mulai luas 9 m dengan lebar 10 meter, sekitar 2/3 sudah digunakan sidementasi,” terangnya.

Dikatakan Eppy, untuk melakukan normalisasi sepanjang Sungai Cipamokolan, butuh waktu yang tidak sedikit.

Selaku Dansektor 22, Eppy menghimbau, kepada warga yang tinggal dekat Sungai Cipamokolan, untuk memelihara aliran sungai jangan sampai tercemari.

“Selain kita jaga tanamannya, hewan juga kita jaga habitatnya”. Ucapnya.

“Sehingga kalau sudah dijaga habitat sungainya, selain nyaman dan bersih, tempat itu bisa juga digunakan oleh komunitas untuk daerah wisata alam. Sehingga bisa terjaga kelestariannya,” pungkasnya.

Drs. H. Hamdani, M.M., Camat Rancasari, mengajak untuk mengembalikan fungsi sungai sebagai mana mestinya. “Sungai bukan tempat membuang sampah, ayo kita sadar untuk menjaga lingkungan agar sehat dan nyaman”. Tegasnya.

Camat Hamdani juga mengapresiasi kegiatan Karya Bakti Sungai Cipamokolan sepanjang 6.000 meter ini yang dimulai dari hulu ke hilir.

Baca juga :  Bakti Brimob Jabar, Anggota Kompi 3 Batalyon B Pelopor, Edukasikan Masyarakat Tentang Pemberlakuan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)

“Terima kasih atas kerja samanya. Saya berharap kegiatan ini bisa rutin dilaksanakan kedepannya terutama dalam pemeliharaan seperti pemangkasan rumput, dan pembersihan sampah. Saya menganjurkan untuk ditanami tanaman keras dan tanaman produktif yang bermanfaat bagi warga”. Ujar dia.

Cici pun sebagai warga yang tinggal disekitar Sungai Cipamokolan berjanji akan menyerukan pada warga sekitar, untuk memelihara sungai agar tetap asri, bersih, dan nyaman.***

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru