oleh

Tim SAR Brimob Jabar Mengecek Jalur Drainase Dan Sungai Aliran Lava Gunung Tangkuban Perahu

Lembang, Kicaunews.com. – Tim siaga SAR Kompi 2 Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Jawa Barat dipimpin oleh Aiptu Dedi Jayusman, S.Pd melaksanakan kegiatan patroli pengecekan Sungai tepat di mana apabila gunung Tangkuban Perahu mengeluarkan lahar alirannya akan melalui sungai tersebut.

Kawasan bencana (hazard zone) yang harus diwaspadai diantaranya, kawasan bencana III, selalu terancam aliran lava, gas beracun dan kemungkinan awan panas. Ini berada pada radius 1 kilometer dari kawah. Selalu terancam hujan abu lebat/lumpur panas dan lontaran batu (pijar).

Kampung yang masuk dalam kawasan bencana III yakni Panaruban/Cicadas Kecamatan Sagalaherang mengikuti aliran sungai Cikoneng dan kampung Cikondang – Panyaguan Desa Nagrak Kecamatan Ciater mengikuti aliran Cipangasahan.

Dansat Brimob Polda Jawa Barat Kombes Pol Asep Saepudin, S.I.K juga mengatakan, “Patroli seperti ini harus sering kita lakukan untuk mengecek situasi dan tanggap bencana di wilayah kita, Ini adalah bentuk kepedulian anggota Brimob terhadap lingkungan dan atas dasar tanggap bencana”.

Semoga dengan patroli ini dapat mengantisipasi Apabila terjadi bencana alam seperti letusan gunung Tangkuban Perahu dan kita bisa meminimalisir Jalur mana saja yang aman untuk kita mengevakuasi masyarakat.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru