oleh

KPU Jaksel Sosialisasikan Urgensi Pemilu dan Aplikasi Data Pemilih Kepada 1200 siswa/i SMA

Jakarta, Kicaunews.com – KPU Kota Jakarta Selatan kembali menyelenggarakan sosialisasi pendidikan pemilih secara virtual. Senin (26/10/2020) Sosialisasi ini merupakan sosialisasi sesi ke II setelah sosialisasi pendidikan pemilih secara virtual sesi I telah diselenggarakan pada hari Jum’at pekan lalu.

Kegiatan sosialisasi pendidikan pemilih secara virtual sesi II ini dibuka langsung oleh Ketua KPU Kota Jakarta Selatan, Bapak Agus Sudono. Dalam sambutannya Bapak Agus Sudono menyampaikan apresiasi setinggi tingginya kepada seluruh panitia dan peserta yang telah berpartisipasi pada kegiatan sosialisasi pendidikan pemilih secara virtual ini, apresiasi tersebut tidak terlepas dari tingginya jumlah peserta yang mencapai batas maksimal kuota peserta zoom meeting yakni 1000 peserta, belum lagi peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi pendidikan pemilih sesi II ini melalui YouTube KPU Kota Jakarta Selatan yang mencapai 200 orang peserta lebih. Hal ini merupakan sesuatu yang patut diberi apresiasi ucap Agus Sudono di sela sela sambutannya.

Kegiatan sosialisasi pendidikan pemilih secara virtual ini juga dihadiri oleh Ibu Detty Kurniawati selaku komisioner KPU Provinsi DKI Jakarta. Pada kesempatan ini Ibu Detty Kurniawati memberikan sambutannya kepada seluruh peserta sosialisasi pendidikan pemilih secara virtual tersebut.

Dalam sambutannya Ibu Detty Kurniawati memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada panitia dan seluruh peserta yang hadir. Beliau menyampaikan bahwa jumlah peserta pada sosialisasi pendidikan pemilih secara virtual kali ini merupakan peserta dengan jumlah terbanyakdengan tolak ukur perbandingan sosialisasi yang pernah diselenggarakan oleh KPU kab/kota se Provinsi DKI Jakarta sebelumnya.. Beliau berharap KPU kota Jakarta Selatan akan terus mampu berinovasi dan lolos menjadi 3 besar nominasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan tingkat nasional yang saat ini sedang dalam tahap penilaian oleh KPU RI.

Baca juga :  Bhabinkamtibmas Polsek Andir Polrestabes Bandung Bersama Warga Laksanakan Bebersih Lingkungan

Pada kegiatan sosialisasi pendidikan pemilih sesi II ini bertindak sebagai pembawa acara Ibu Wiwit Tuswanti yang merupakan staf Sub Bagian Teknis dan Hupmas KPU Kota Jakarta Selatan dan bertindak sebagai moderator Afrizal Jamaludin yang juga merupakan staf Sub Bagian Teknis dan Hupmas KPU kota Jakarta Selatan.

Sedangkan sebagai narasumber pada kegiatan sosialisasi pendidikan pemilih secara virtual kali ini adalah Komisioner KPU Kota Jakarta Selatan Bapak H. Yusuf Satyanegara dan Bapak Fahmi Zikrillah. Para narasumber menyampaikan materinya dengan metode diskusi panel. Materi yang disampaikan mengalir dalam diskusi dialogis di antara keduanya.

Materi terkait kepemiluan, demokrasi, dan tentunya hal hal yang berhubungan dengan pemilih disampaikan dalam kegiatan sosialisasi pendidikan pemilih yang digelar secara virtual ini. Mulai dari hal yang berhubungan dengan teknis kepelimuan maupun terkait substansi kepelimuan dan demokrasi di Indonesia, antara lain: Aktor Aktor dalam Pemilu, sejarah pemilu, tranformasi pemilu di Indonesia dari masa ke masa dan peran pemilu dalam demokrasi.

Dalam kesempatan kali ini para narasumber juga menginformasikan sekaligus memperkenalkan aplikasi terbaru berbasis website dari KPU Kota Jakarta Selatan. Aplikasi ini berfungsi untuk membantu KPU kota Jakarta Selatan melakukan tahapan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di wilayah kota Jakarta Selatan.

Adapun sasaran utama dibuatnya portal sistem data pemilih adalah para pemilih pemula ( baru memasuki usia 17 tahun), para purnawirawan TNI/Polri yang baru saja purna tugas, dan para Warga yang baru pindah masuk ke wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Narasumber menyampaikan, bahwa penggunaan aplikasi ini sangatlah mudah, calon pemilih hanya cukup menyiapkan foto KK atau KTP untuk kemudian masuk ke halaman website www.js-kompakmemilih.com. setelah itu calon pemilih bisa memilih link daftar pemilih baru, kemudian meng upload foto KK atau KTP / resi KTP calon pemilih tersebut.

Baca juga :  Antisipasi Kemacetan Di Libur Panjang, Polsek Cidadap Polrestabes Bandung, Gelar Pengaturan Arus Lalu Lintas

Selain memanjakan calon pemilih untuk bisa melakukan pendaftaran baru secara online,aplikasi berbasis website ini juga dapat melayani pengecekan data pemilih yang sudah terdaftar seblumnya. Caranya juga cukup mudah, pemilih hanya cukup memasukkan Nomor Induk Kependudukan di kolom yang sudah disediakan pada halaman website. Kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol “CARI” untuk bisa memastikan apakah data pemilih yang dimaksud telah terdaftar dalam sistem daftar pemilih atau belum.

Adapun 1000 peserta yang hadir dalam kegiatan ini merupakan perwakilan dari berbagai unsur, antara lain: KPU kota Jakarta Selatan, KPU provinsi DKI Jakarta, KPU kabupaten/Kota se provinsi DKI Jakarta, stakeholders tingkat kota Jakarta Selatan, para kepala sekolah, para guru dan para siswa SMA/SMK sederajat di wilayah kota Jakarta Selatan.

Para peserta dan narasumber terlibat diskusi interaktif dalam sesi tanya jawab pada kegiatan sosialisasi pendidikan pemilih secara virtual sesi II ini. Banyak pertanyaan pertanyaan seputar kepelimuan dan demokrasi yang disampaikan oleh para peserta sosialisasi khususnya para siswa/i SMA/SMK Sederajat di wilayah Kota Jakarta Selatan dan narasumber pun merespon dengan jawaban jawaban yang mudah dipahami oleh para peserta sosialisasi.

Kegiatan sosialisasi pendidikan pemilih berkelanjutan sesi II ini ditutup secara resmi oleh Bapak M. Roji selaku Kasudin Pendidikan Kota Administrasi Jakarta Selatan. Pada sambutan penutupannya Bapak H Roji berharap kepada para siswa/i sebagai calon pemilih pemula di pemilihan mendatang dapat memhami dan mengimplementasikan informasi dan ilmu pengetahuan yang diperoleh pada siang hari ini pada kehidupan di masa mendatang. (Red/AW)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru