oleh

Lakukan percepatan Penanganan Covid-19, dengan Penyemprotan Disinfektan

Sumedang, Kicaunews.com. – Di tengah wabah virus corona yang semakin meluas terutama di Indonesia, berbagai tindakan dilakukan untuk mencegah orang yang terinfeksi lebih banyak. Mulai dari menyerukan himbauan untuk cuci tangan, melakukan social distancing dan memakai masker.

Pada masa transisi ini dari yang awalnya mengadakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sampai akhirnya memasuki masa dimana harus melaksanakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Salah satu cara yang sudah mulai banyak dilakukan yaitu penyemprotan cairan disinfektan. Tindakan ini mulai dilakukan di sekolah, tempat Ibadah hingga tempat umum untuk mencegah penyebaran virus corona.

Untuk memastikan suatu cairan disinfektan efektif dalam membunuh virus, disinfektan tersebut harus tetap berada dalam bentuk cair pada permukaan benda mati selama jangka waktu yang ditentukan melalui percobaan ilmiah. Jangka waktu ini biasanya disebut sebagai waktu kontak. Menurut berbagai hasil penelitian yang dilansir terhadap penggunaan cairan disinfektan terhadap virus corona, waktu kontak yang diperlukan berkisar dari 1 sampai 10 menit.

Anggota Kompi 1 Batalyon A Pelopor Aipda Aidil melaksanakan penyemrotan disinfektan kepada tempat yang sering dilalui oleh masyarakat setempat salah satunya perumahan tepatnya di Ikopin Jatinangor yang berada di Kabupaten Sumedang ini dan tak lupa juga untuk selalu mematuhi himbauan yang sudah di tetapkan oleh pemerintah untuk selalu menjaga jarak aman atau Social Distancing.

Saat dikonfirmasi, Bripka Damin Anggota Kompi 1 Batalyon A Pelopor mengatakan, memang betul bahwa pada saat dimulainya Adaptasi Kebiasaan Baru di Provinsi Jawa Barat ini banyak melakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan di lingkungan masyarakat dan sekolah.

“Dihimbau untuk lebih bijak dalam melakukan aktivitas, dan jangan lupa tetap ikuti anjuran pemerintah yaitu pemakaian masker, jaga jarak dan selalu menggunakan sarung tangan pada saat masa Adaptasi Kebiasaan Baru di Provinsi Jawa Barat ini” ujar Bripka Damin dalam kegiatan patrolinya.

Baca juga :  Beton Jalan Digeser, Dewi Aryani : Walikota Tegal Akhirnya Taat Pempus

Di tempat lain, Komandan Satuan Brimob Polda Jawa Barat Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K., mengatakan “Terus menjadi yang terdepan dalam memberi himbauan serta ajakan kepada masyarakat, dalam mematuhi setiap anjuran, aturan dalam pengendalian untuk menghentikan penularan wabah virus corona dan selalu menjaga diri dari tindak kejahatan”.

Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K., menambahkan “kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Bakti Brimob Polda Jabar untuk masyarakat dalam menghadirkan Negara di tengah-tengah masyarakat”.

“Ini merupakan wujud Bhakti Brimob Polda Jabar dalam hal ini di wilayah Sumedang, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta kedekatan emosional antara Brimob dengan Masyarakat dalam memutus mata rantai Virus Covid-19 ″, ujar Kombes Pol. Asep Saepudin.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru