banner 728x250

Lakukan 5 Hal Sederhana Ini, Jika Ingin Jadi Jurnalis Handal

  • Bagikan
banner 468x60

Foto :(Kajen) Kicaunews.com

Kicaunews.com—Menjadi jurnalis bukanlah sebuah hal yang mudah. Ada banyak hal dan pelajaran yang perlu dipahami dan dilakukan. Jika kamu adalah salah seorang yang berniat menjadi jurnalis yang handal, cobalah lakukan beberapa hal berikut ini!

banner 336x280

1. Rajin Membaca

Salah satu cara agar dapat menghasilkan tulisan yang baik adalah rajin membaca. Mengapa begitu? Ini karena dengan membaca, kamu bisa lebih banyak memahami berbagai gaya penulisan, menambah kosakata, dan memiliki wawasan yang luas.

Hal tersebut sangat penting dilakukan jika kamu ingin menjadi jurnalis yang handal. Sebab, pengetahuan yang bersumber dari bacaanmu selama ini, dapat bermanfaat ketika harus mewawancarai narasumber dengan berbagai macam latar belakang.

2. Mengikuti perkembangan berita yang beredar

Sebagai seorang jurnalis, kamu juga harus mengikuti pemberitaan yang tengah beredar. Ini sangat penting untuk menunjang pengetahuanmu terhadap suatu kasus atau peristiwa yang sedang hangat.

Selain itu, jika kamu adalah seorang jurnalis gaya hidup, kamu bisa menyampaikan informasi yang lebih berhubungan dengan keadaan saat ini. Jadi, tulisan yang kamu buat bisa memberikan menfaat positif kepada masyarakat.

3. Perbanyak latihan menulis.

Salah satu pekerjaan jurnalis adalah menulis. Oleh karenanya, kamu harus membiasakan diri dengan menulis sesering mungkin.

Dengan demikian, seiring berjalannya waktu, kamu akan mengetahui bagaimana ciri khas penulisan yang kamu buat. Dengan demikian, kamu bisa lebih percaya diri.

4. Pahami penggunaan tata bahasa yang baik

Dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat, sangat penting untuk memperhatikan kosakata yang kamu gunakan. Sebab, tidak semua kata memiliki makna yang universal dan mudah dipahami oleh orang banyak.

Dengan begitu, tulisanmu akan menjadi lebih nyaman dibaca. Informasinya pun dapat tersampaikan dengan baik kepada pembaca.

5. Tidak malu untuk belajar dari jurnalis lain

Selain mengembangkan keterampilan dengan rajin membaca dan menulis, kamu juga bisa belajar langsung pada jurnalis yang sudah profesional. Ikutilah seminar atau workshop sehingga memiliki kesempatan berharga untuk menjalin networking dengan jurnalis lain.

Ketika itu terjadi, kamu juga bisa bertukar pengalaman dan saran lho! Menyenangkan, bukan?

Itu dia beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjadi jurnalis handal. Yuk, mulai melakukannya dari sekarang. (*)

Print Friendly, PDF & Email
banner 336x280
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *