banner 728x250

Kapolres Indramayu AKBP Suhermanto, Hadiri Deklarasi dan Pelantikan Serikat Media Siber Indonesia Kabupaten Indramayu

  • Bagikan
banner 468x60

Indramayu, kicaunews.com — Kapolres Indramayu AKBP Suhermanto, di wakili Waka Polres Indramayu Kompol Galih Wardani, di dampingi Kapolsek Indramayu AKP Suhendi, menghadiri Deklarasi dan pelantikan Serikat Media Siber Indonesia Kabupaten Indramayu, di Aula Hotel Wiwi Perkasa 2, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Rabu, (30/09/2020).

Hadir pada kesempatan itu Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kab. Indramayu H. Makali, Wakil Ketua Media Siber Indonesia (SMSI) Kab. Indramayu Supardi, Sekretaris Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kab. Indramayu Ihsan Mahfud, Bendahara Media Siber Indonesia (SMSI) Kab. Indramayu Eko Junanto, Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Kab. Indramayu Tommi Indra, Ketua Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI) Kab. Indramayu Eka Mardiana dan di ikuti oleh Serikat Media Siber Indonesia Kab. Indramayu.

banner 336x280

Dalam kegiatan tersebut, Waka Polres Indramayu Kompol Galih mengucapkan beberapa penyampaian yang essensinya, perkembangan teknoligi informasi dan komunikasi telah mengubah landscape ruang publik diseluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Individu tidak lagi menjadi audiens yang pasif sebab akses luas ke dunia maya setiap individu menjadi penyampaian informasi kepada publik.

“Hanya sayangnya informasi yang disampaikan tidak selalu baik bahkan masuk dalam katagori kabar bohong atau Hoax. Yang membuat semakin mengkhawatirkan adalah bahwa teknologi informasi di manfaatkan untuk menyebarkan berita fitnah, ujaran kebencian dengan cepat dan massif,” katanya.

Sambungnya, sejalan dengan semangat anti berita bohong, fitnah atau ujaran kebencian yang dapat berpotensi menimbulkan perpecahan maka diperlukan kesadaran dari individu bahwa hal tersebut juga akan berdampak hukum.

“Sedikit saya sampaikan, dalam hal Media Online atau Siber, kami Polres Indramayu juga memilikinya yang diberi nama TRIBRATANEWSPOLRESINDRAMAYU. Konten yang kami suguhkan tentu saja berkaitan erat dengan kegiatan kepolisian baik yang bersifat regular dan umum maupun informasi prestasi, semua itu tentu kami dasari asas keterbukaan public dan tranparasi serta hak informasi yang benar bagi Publik,” paparnya.

Baca juga :  KPU Tangsel Sebut, Muhamad Absen Saat Penetapan Nomor Urut Karena Sakit

Menurut Kompol Galih, sumber kekuatan baru sesunguhnya bukanlah uang atau harta yang berada dalam genggaman tangan beberapa orang. Namun kekuatan sesungguhnya adalah Informasi di tangan banyak orang.

“Ungkapan ini tentu menjadi salah satu dari bagian alasan berdirinya Media Siber,” terangnya.

Masih katanya, para praktisi media tentu sangat menyadari betul akan kekuatan baru yang saya maksud. Salah satu langkahnya adalah dengan mendirikan perusahaan media berbasis teknologi Siber.

“Gayung bersambut, lahirnya Media Siber lewat tangan-tangan dingin pemilik dan praktisi media langsung mendapattempat setidaknya pada separuh penduduk dunia, termasuk Indonesia,” ungkapnya.

Oleh karenanya kehadiran Media Siber tidak melulu sebagai lembaga berita berorientasi provid namun para pelaku usahanya secara moral memiliki tanggung jawab pada misi mencerdaskan bangsa serta mempertahankan keutuhan Negara melalui suguhan informasi yang edukatif, konstruktif dan bernilai wawasan positif bagi msyarakat luas.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, ijinkanlah saya menyampaikan penghargaan serta apresiasi yang tinggi kepada SMSI, sebab saya sangat meyakini kehadiran SMSI di Kabupaten Indramayu akan membuat warna baru terhadap ruang informasi publik dengan berita dan kontens yang informative dan transparan serta berimbang,” tambahnya.

Lebih lanjut, SMSI sebagai wadah perusahaan yang berplatform Siber diharapkan menjadi wadah pembinaan perusahaan Pers professional sehingga pada akhirnya eksistensi SMSI tidak hanya memiliki misi penopang kebebasan Pers yang bermartabat tetapi juga bisa menjadi ruang tersedianya magnet ekonomi serta menjadi bagian dari upaya mewujudkan masyarakat cerdas dan sadar hukum. Tutupnya.(kajen)

Print Friendly, PDF & Email
banner 336x280
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *