banner 728x250

Keren..!! Ternyata “SERABI” Khas Jajanan Indramayu

  • Bagikan
banner 468x60

Indramayu, kicaunews.com — makanan khas Serabi khas Indramayu ini sudah terlupakan oleh anak cucu kita, serasa terpendam mengikuti perubahan jaman dari berbagai menu makanan baru yang muncul mengikuti jaman Rabu 23/09/2020.

Menurut pedangang “SERABI” Ny Karwen dari Desa Mekarsari Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu, mengungkapkan bahwa makanan khas Serabi ini sudah lama dari jaman saya kecil sampai sekarang umur saya sudah 65 tahun tapi saya mencoba untuk melestarikan maknan khas Indramayu ini yaitu Serabi, maka dari itu saya berjualan Serabi demi melestarikan makanan dan di samping itu juga saya di tuntut mencari nafkah buat anak saya karena saya juga sudah janda tua di tinggal almarhum suami saya, saya perkenalkan bahan- bahan khas makanan Indramayu yaitu Serabi, tepung beras lokal santen kelapa, parudan kelapa dan garam bisa juga di tambahkan dengan telor ayam jawa. ungkapnya.

banner 336x280

Dan menurut Tokoh Masyarakat Desa Mekarsari Darji bahwa memang benar makan ini yaitu Serabi seperti di lupakan oleh warga Indramayu karena sudah banyak makanan yang serba saji jadi seolah – olah khas makanan Indramayu ini tak di akui oleh anak cucu kita seperti tak mengenal, bilah mana para orang tua memberikan masukan atau memperkenalkan makanan pada anak – anaknya bahwa makanan yang seteril aman dari bahan alam tak terpengaruh oleh zat pengawet, maka dari itu kita kenalkan anak cucu kita akan mengenal bahwa makan khas Indramayu salah satunya “SERABI” tapi ingat serabi ini banyak di ciptakan dipulau jawa ini, tapi rasa dan khas beda beda, tuturnya.

Lanjut- adanya makanan khas Indramayu Serabi ini yang saya ingat cerita orang tua saya kurang lebihnya jaman penjajahan Belanda pertama kali menginjakkan kaki di Nusantara pada akhir abad ke-16, itu menurut orang tua saya jadi mari kita lestarikan khas makanan Serabi ini kesetiap daerah lain selain Indramayu, bila perlu kita ciptakan jualan serabi di luar negri untuk memperkenalkan di luar negri atau negri orang lain pangkasnya. (kajen)

Print Friendly, PDF & Email
banner 336x280
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *