oleh

Memperkuat Desa di Masa Pandemi, Pembangunan Infrastruktur Desa Terus Berjalan

Banjar, Kicaunews.com — Pelaksanaan pembangunan infrastruktur desa dalam kegiatan peningkatan prasarana jalan desa untuk pembangunan drainase dan TPT di Desa Raharja Kecamatan Purwaharja Kota Banjar di bangun dengan menggunakan anggaran yang bersumber dari APBDes Raharja Tahun Anggaran 2020 sebesar Rp.156.927.000,- dan mendapat respon positif dari warga yang terimbas oleh pembangunan tersebut.

Bagaimana tidak saluran yang dibangun tersebar di lingkungan RT 14 & 15/RW 06, RT 22/RW 10, RT 28/RW 13 & pembangunan TPT di lingkungan RT 30/Rw 13 ini oleh pemerintah Desa Raharja dianggap sebagai salah satu solusi dalam menyelesaikan buruknya sistim saluran pembuangan air di pemukiman dan menjawab kekhawatiran masyarakat di lingkungan RT 30/RW 13 dimana masyarakat nantinya tidak lagi khawatir kondisi/ akses jalan di lingkungannya akan longsor sehingga mobilitas warga dalam menunjang penguatan ekonomi masyarakat berjalan lancar tanpa khawatir lagi jalannya akan longsor.

Tukimin S.Ip selaku kasie kesmas Desa Raharja ketika di temui di ruang kerjanya mengungkapkan kepada awak media Kicaunews.com “Pembangunan infrastruktur ini dibangun ditengah permasalahan Covid-19 untuk memperkuat Desa di masa pandemi ini dengan melibatkan dan memberdayakan masyarakat setempat dalam pembangunan Desa.”

Sekarang desa menghadapi Covid-19 ini dengan dua penguatan dari pemerintah, yakni penguatan pembangunan Desa dan penguatan kesehatan masyarakat.

Masyarakat desa bukanlah penduduk yang kebal akan Virus, namun mereka harus tetap bekerja untuk menghidupi diri dan keluarga dalam menyangga kehidupannya untuk terus bertahan dalam menghadapi masa pandemi ini. Untuk itu Desa hadir menjadi tulangpunggung ekonomi masyarakat di desa ketika krisis akibat Pandemi Covid-19 ini belum juga berakhir.

Selanjutnya masih menurut Tukimin S.Ip menjelaskan bahwa dengan adanya pembangunan saluran drainase ini berharap masyarakat di lingkungannya masing-masing termotivasi dan untuk lebih di tingkatkan kembali semangat gotong royong dalam memelihara dan membersihkan saluran air baik sampah ataupun lumpur apalagi di waktu musim penghujan tiba demi lancarnya sistem pembuangan air sehingga akan tercipta lingkungan yang bersih dan sehat.” terangnya

Baca juga :  Cetak Generasi Yang Mampu Mandiri SDN I Purwaharja Kota Banjar Perketat Kegiatan Belajar Mengajar

Pembangunan drainase dan TPT ini awalnya adalah merupakan usulan warga masyarakat di dua dusun yang telah di tentukan dalam musyawarah perencanaan pembangunan Desa (Musrenbangdes) untuk mengantisipasi datangnya musim penghujan yang dapat menyebabkan terjadinya genangan air dan tanah longsor, Terkait dengan pelaksanaan pekerjaannya, alhamdulillah dalam pelaksanaan pekerjaannya dilaksanakan secara swakelola oleh Tpk Desa Raharja dengan melibatkan dan memberdayakan masyarakat setempat dan mengerjakannya telah sesuai dengan perencanaan yang ada seperti yang telah tertuang dalam rencana anggaran biaya (RAB) yang ada.

Tujuannya agar pemanfaatan anggaran di Desa dapat tersentuh langsung oleh masyarakat dan dapat membantu masyarakat apalagi di saat pandemi covid 19 ini.Dan selain itu juga sebagai bukti transfaransi pengelolaan keuangan di Desa.

Di akhir pembicaraannya Tukimin S.Ip selaku Kasie Kesmas sangat bersyukur sekali  bahwa masyarakat telah mendapatkan hasil dan manfaat dari  program pembangunan di Desa Raharja.

Pemerintah Desa Raharja selalu mendukung sepenuhnya apa yang menjadi kebutuhan masyarakat dan apa yang kita bangun telah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat. Mudah-mudahan apa yang telah kami bangun ini bisa memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembangunan di masyarakat di tengah masa pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir sehingga bisa memberikan solusi dan memberikan kesan positif ditengah masyarakat di masa pandemi ini, pungkasnya. (MA)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru