oleh

Gubernur Sumsel Sholat Jumat di Dampingi Kakanwil Diminta Khutbah

Palembang, Kicaunews.com – Dr. Drs. H. Mukhlisuddin SH, MA menjalankan Sholat Jumat pertamanya sejak menjabat Kakanwil Kemenag Sumsel dengan mendampingi Gubernur Sumsel H. Herman Deru di Masjid al Ikhlas, Jalan Macan Kumbang Raya, Palembang,Jumat (18/9/2020).

Mukhlisuddin diminta pengurus masjid untuk menyampaikan khutbah.  Dalam khutbahnya, dia menegaskan maksud dan tujuan Allah SWT menciptakan manusia, yakni menyembah Allah.

Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus,”mengutip makna Surah al Bayyinah ayat 5″,katanya.

Dia menegaskan, apa yang terjadi saat ini semuanya adalah atas kehendak Allah SWT. Termasuk adanya pandemi Covid-19, yang mengubah tatanan kehidupan manusia. Karenanya, dia mengajak para jamaah untuk banyak beristighfar, Banyaklah mengingat Allah.

Jangan takut mati, karena mati adalah ketentuan Allah. Meski begitu kita tetap harus berupaya maksimal agar tetap dalam kondisi sehat, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mengikuti protokol kesehatan lainnya,” pesannya.

Sementara itu, usai pelaksanaan Sholat Jumat, seperti biasa Gubernur Sumsel H. Herman Deru diberi kesempatan menyampaikan sambutannya. Dalam sambutannya, Deru mengakui bahwa Covid-19 saat ini telah menjadi pembicaraan di mana-mana. “Tadi Pak Kakanwil khutbah, cerita soal Covid, saya ketemu anak Wapres juga cerita soal Covid, kalau dipikir-pikir Covid ini memang telah mengubah pola hidup manusia.

Kita yang biasa sholat jamaah dengan merapatkan shaf, sekarang malah harus jaga jarak,” tutur Deru.
Karena tidak tahu kapan pandemi ini berakhir, Deru menjelaskan bahwa untuk kebaikan warga Sumsel, dirinya sudah mengeluarkan Peraturan Gubernur Sumsel Nomor 37 yang mengatur sanksi bagi mereka yang tidak mengenakan masker di tempat umum.

Baca juga :  Personel Polres Ciamis Dalam Pengamanan Pelaksanaan Pilkada Selalu Menghimbau dan Mensosialisasikan 3M Prokes

Penularan Covid-19 ini kan rata-rata karena kena percikan bersin atau batuk. Makanya, memakai masker merupakan hal yang sangat penting. Mohon Pergub ini benar-benar dilaksanakan, juga untuk di daerah-daerah,” bebernya.

Dalam kesempatan itu, Deru juga mengajak para jamaah untuk menyumbang bagi renovasi Masjid al Ikhlas. Gubernur, Kakanwil Kemenag Sumsel, serta sejumlah kepala dinas dan Kepala BUMD ikut menyumbang sejumlah uang,”pungkasnya (Och/Ad)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru