oleh

TELISIK//Warung Wedang Cangkingan Indramayu kini tinggal Kenangan

Indramayu, Kicaunews.com — Warung wedang cangkingan. Ya siapa yang tak tau wedang cangkingan yang tersohor di Kabupaten Indramayu bahkan se wilayah 3 pada era tempo dulu hingga saat ini. Konon warung wedang cangkingan adalah warung pelepas penat dimana beberapa pelayan warung gadis gadis muda molek menggoda.

Bukan itu saja pelayan cantik jelita yang berstatus gadis siap menemani ngobrol semalam suntuk dengan candaan manja yang memang bertujuan agar tamu yang berkunjung merasa nyaman. Konon warung wedang cangkingan di jadikan warung budaya desa cangkingan pada era tahun 70 hingga 90an hampir di setiap melintasi jl. raya cangkingan di suguhi dengan lampu lampu remang remang dengan warna warni penuh arti.

Dari warna lampu yang terbuat dari beling berbahan bakar minyak tanah biasa di sebut oleh orang cangkingan damar cempor dengan dihiasi kertas yang biasa dipakai bungkus wajik sebut saja kertas wajik dengan warna hijau kuning merah, konon warna warni itu adalah kode warung hijau berarti pelayan di tempat tersebut bersetatus perawan kuning berstatus janda dan merah menunjukan pelayan diwarung tersebut sudah dewasa atau berumur di atas 35 tahun keatas.

Tergerus jaman.
Masa berganti masa jaman berganti jaman hingga budaya terkikis gaya hidup gemerlap warung wedang yang dulu adalah warung pelepas penat yang nyaman kini berubah menjadi warung hingar bingar penuh lampu kelap kelip dengan suara musik yang memekakan telinga dengan suguhan musik karaoke dan bertabur minuman beralkohol, hingga hampir sering terjadi keributan antar tamu.

Kenyaman masyarakat mulai terusik namun masyarakat desa cangkingan bersikap masa bodoh hingga terlalu seringnya terjadi keributan bagi warga desa cangkingan dianggap hal yg biasa. Dipandang dalam sisi budaya sudah tidak lagi terlihat melainkan hanya bagian hiburan hingar bingar malam ditambah pelayan yang berpakaian seksi dan banyak lagi bukan dari asli penduduk lokal desa cangkingan.

Baca juga :  Kapolres Banjar Berikan Himbauan Protokol Kesehatan dan Peraturan Lalu Lintas di PT Sung Chang

Begitu miris warung wedang cangkingan yang nyaman dengan minuman teh tubruk kini di gilas cafe karaoke dengan suguhan minuman beralkohol.

(MT jahol)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru