banner 728x250

PSI Deklarasi Usung Muhamad-Saras, Pengamat: Itu Barangnya PDIP dan Gerindra 

  • Bagikan
Penyerahan Bukti Dukungan PSI (Partai Solidaritas Indonesia) kepada Pasangan Muhamad-Saraswati di Resto Kampoeng Anggrek, Kecamatan Serpong.
banner 468x60

KICAUNEWS.COM,- Direktur Kajian Politik, Indonesian Of Social Political Institute (ISPI) Muhamad Fachri menilai, Deklarasi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengusung pasangan Muhamad-Saraswati di Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel), Kamis (03/09) di Resto Kampung Anggrek, Kecamatan Serpong, tidak terlalu signifikan di mata koalisi partai yang sebelumnya sudah memberikan dukungan lebih awal.

Ia menjelaskan, sekalipun saat ini masih belum bisa dilihat, ada berapa partai yang akan menjadi pengusung pasangan Muhamad-Saraswati di Pilkada Tangsel nanti. Namun menurutnya, kehadiran dua partai seperti PDI Perjuangan dan Gerindra, sudah memenuhi persyaratan, seperti atur dalam UU No 10 Tahun 2016 Tentang Pilkada.

banner 336x280
Penyerahan Bukti Dukungan PSI (Partai Solidaritas Indonesia) kepada Pasangan Muhamad-Saraswati di Resto Kampoeng Anggrek, Kecamatan Serpong.

“Memang saat ini, kita belum bisa melihat, ada berapa parpol yang menjadi pengusung, itu karena semua Paslon termasuk Muhamad-Saras ini belum mendaftar di KPU. Tapi yang jelas bahwa, PDI dan Gerindra, itu lah yang menjadi pengusung sejati pasangan Muhamad-Saras di Pilkada nanti, untuk sisanya ya secara politik ya paling sebagai pendukung. Karenakan Muhamad-Saras ini barangnya Gerindra,” Kata Fachri, saat di telepon Jurnalis, Kamis (03/09).

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Ratu Isyiana Bagoes Oka diacara Deklarasi itu membantah, soal PSI di Pilkada Tangsel, hanya akan menjadi partai pendukung pasangan Muhamad-Saraswati.

Acara Deklarasi Usung Muhamad-Saraswati di Resto Kampoeng Anggrek. Acara itu dihadiri Plt Ketua Umum PSI, Giring Ganesha, Ketua DPP PSI, Ratu Isyiana Bagoes Oka, Ketua DPW PSI, Azmi Abubakar, Ketua DPD PSI Tangsel, dan 7 Ketua DPC PSI Kota Tangsel. Selain itu, Hadir juga pasangan calon Muhamad-Rahayu Saraswati, Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Tangsel.

“Siapa bilang kita ini partai pendukung, kita ini partai pengusung. Jadi kami memiliki satu fraksi di DPRD Tangerang Selatan. Itu merupakan modal yang kuat untuk memenangkan pasangan Muhamad-Saraswati di Pilkada Tangsel,” kata Isyiana Bagoes, membantah pertanyaan wartawan.

Disamping itu, Rahayu Saraswati Calon Wakil Walikota Tangsel yang hadir diacara deklarasi PSI itu, tidak menjelaskan soal kehadiran PSI di koalisinya tersebut, sebagai pendukung atau pengusung di Pilkada nanti.

Baca juga :  Pengamat: Demi Memulihkan Citra Legislatif, Setnov Harus Mundur !

Perempuan bermata sipit itu, kepada wartawan, hanya membedakan posisi partai yang dapat mengusung dan mendukung pasangan calon di Pilkada Tangsel, yang akan berlangsung 9 Desember mendatang. “Beda yah antara pengusung dan pendukung. Bedanya adalah, partai pengusung itu punya kursi di legislatif dan partai pendukung itu tidak punya kursi di legislatif.” Kata Saraswati.

Informasi, sebelumnya, PSI sendiri mengusung Azmi Abubakar yang merupakan kader internal PSI untuk menjadi calon Wakil Walikota Tangsel mendampingi Muhamad. Namun ditengah, harapan itu kandas dan Muhamad bersanding dengan Saraswati di Pilkada Tangsel tersebut.

Seperti diketahui, dengan masuknya dukungan PSI, pasangan Muhamad-Saraswati saat ini telah didukung 8 partai, dengan total perolehan kursi di DPRD Tangsel sebesar, 23 kursi. (Haji Merah)

Print Friendly, PDF & Email
banner 336x280
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *