oleh

Tutup Usia, Ini Sepak Terjang Reni Marlinawati Politisi Perempuan PPP

KICAUNEWS.COM – Nama Reni Marlinawati politisi perempuan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) cukup populer di mata masyarakat, apalagi di kalangan masyarakat Sukabumi dan kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Ia dikenal dan dikenang sebagai sosok perempuan bersahaja, komunikatif dan dekat dengan kader Hijau Hitam itu. Namun demikian, Jumat, (07/08) kabar duka itu datang bahwa Reni Marlinawati sosok perempuan tangguh itu, dikabarkan meninggal dunia.

Kabar tersebut dikonfirmasi Ketua DPC PPP Kabupaten Sukabumi, Yusuf Ridwan dan Wasekjen DPP PPP Achmad Baidowi. “Ya betul, Saya dapat info dari putri beliau. Infonya serangan jantung. Tadi infonya, sempat ke DPP mau rapat tapi kondisi drop sehingga langsung dibawa ke RSCM,” kata Achmad Baidowi.

Namun demikian, Baidowi menegaskan, terkait kepastian Reni Marlinawati meninggal dunia karena sakit serangan jantung, belum pasti dan pihaknya masih menunggu penjelasan resmi dari pihak Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo. Ia mengatakan Reni Marlinawati merupakan tokoh perempuan di Partai Persatuan Pembangunan.

“Beliau adalah tokoh PPP yang potensial, orang baik, mudah bergaul, jaringan luas. Kami kehilangan salah satu kader terbaik masih waketum dan rencana maju di Pilkada Sukabumi. Semoga dosa diampuni, dan amal ibadahnya diterima di sisi-Nya,” kata Baidowi.

Ketua DPC PPP Kabupaten Sukabumi, Yusuf Ridwan dikonfirmasi secara terpisah juga membenarkan hal tersebut. “Saya dapat kabar, bahwa teh Reni tengah melakukan pertemuan (rapat) dengan petinggi PPP. Belum jelas penyebabnya namun ada informasi serangan jantung,” kata Ridwan Yusuf, Jumat (07/08).

Yusuf mengatakan, keluarga besar PPP berduka atas meninggalnya tokoh perempuan dari partai berlambang Ka’bah itu. “Keluarga besar PPP Kabupaten Sukabumi memohon doa dari seluruh warga Sukabumi semoga amal ibadah dan kebaikannya diterima oleh Allah. Dan Keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan. Almarhum orang baik dan penuh bakti pada agama, bangsa dan negara termasuk untuk Sukabumi,” kata Yusuf.

Baca juga :  Difitnah Masuk Bagian Dari Parpol, Begini Kata Mulyadi P Tamsir Soal Agus Harta

Pendidikan Reni Marlinawati

Reni Marlinawati adalah anggota DPR RI dari fraksi PPP Periode 2014-2019. Reni duduk di komisi X DPR RI yang menangani bidang pendidikan, kebudayaan dan pariwisata, pemuda dan olahraga serta perpustakaan nasional. Saat menjabat di DPR, Ia pernah menjabat sebagai anggota Badan Musyawarah (Bamus) DPR RI.

Reni dibesarkan di Sukabumi Jawa Barat. Selain itu, Ia mengenyam pendidikan dasar sampai menengah di kampung halamannya di Pelabuhan Ratu. Setelah lulus, Ia melanjutkan kuliahnya di IAIN (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung dengan mengambil program studi Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah).

Setelah lulus pada tahun 1997, Ia melanjutkan pendidikannya ke jenjang Pascasarjana dan berhasil meraih gelar doktor di bidang Manajemen Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta pada tahun 2006. Selain itu, Reni juga pernah menjadi dosen di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Jejak Politik Reni Marlinawati

Sementara itu, dalam menitik karier politik, Ia awali dengan bergabung disalah satu organisasi mahasiswa. Reni pernah aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Ia juga pernah menjadi Ketua Umum Forum Mahasiswa Pascasarjana se-Indonesia.

Tidak hanya itu, Reni juga tercatat pernah menjadi Komite Perbankan Dewan Pimpinan Nasional Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) yang dipimpin oleh Prabowo Subianto.

Saat ini, Ia menjabat sebagai Sekretaris di Pimpinan Kolektif Majelis Nasional KAHMI, Ketua di PARMUSI, Ketua PP Wanita Persatuan Pembangunan (WPP), dan Ketua DPP Partai Persatuan Pembangun Pembangunan. (Haji Merah).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru