oleh

Adu Kuat Tiga Paslon VS Angka Golput di Pilkada Tangsel, Siapa Jadi Pemenang ?

KICAUNEWS.COM– Dari tiga pasangan calon Pilkada Kota Tangerang Selatan, nama Benyamin Davnie cukup populer dengan tingkat elektabilitas tertinggi sebesar 32,9 persen. Disusul Muhammad 25 persen dan Siti Nur Azizah sebesar 21,5 persen. Sementara untuk diposisi wakil, yang cukup populer yaitu Ruhamaben dengan tingkat elektabilitas sebesar 6,5 persen, disusul Pilar Saga Ichsan 4,6 persen dan Rahayu Saraswati 1,2 persen.

Data persentase itu diperoleh dari hasil survei Kajian Politik Nasional (KPN) ketika, responden tidak dihadapkan dengan pilihan Golput. Namun demikian, berbanding terbalik, ketika respon dihadapkan pada pilihan antara memilih pasangan calon (Paslon) dan tidak memilih pasangan calon (Paslon) atau Golput.

Berdasarkan hasil survei tersebut, Golput menempati posisi diangka sebesar 55 persen, dan untuk para calon, Benyamin Davnie sebesar 14,3 persen, Nur Azizah 11,6 persen dan Muhammad sebesar 9,5 persen. Posisi Muhammad ketika responden dihadapkan pada pilihan calon dengan Golput, tergeser Siti Nur Azizah. Sementara untuk posisi wakil, Ruhamaben sebesar 3,6 persen, disusul Pilar Saga Ichsan 2,7 persen dan Rahayu Saraswati sebesar 0,45 persen.

Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul dalam konferensi persnya, Rabu (06/08) mengatakan, simulasi pemilihan yang menghadapkan para calon dengan golput dan tanpa golput dilakukan untuk menunjukan siapakah calon yang diuntungkan dan siapa yang dirugikan ketika angka golput itu rendah.

“Ini harus menjadi perhatian bersama, bahwa angka golput bisa mencapai 55 persen. Maka kami katakan bahwa pemenang pilkada dalam survei kami dalam kurun waktu ini adalah golput. Ini meningkat sekitar 10 persen dari pilkada sebelumnya yang sekira 44,9 persen. Kita tertarik, sebenarnya ada ambisi apa sampai Wapres, Menhan hingga Ratu Tatu Bupati Serang menurunkan keluarganya di Pilkada Kota Tangerang Selatan ini, “kata Adib.

Baca juga :  17/7/17 Tahun Ajaran Baru Telah Dimulai 

Menurut Adib, ada alasan mendasar kenapa tingkat golput Pilkada Tangerang Selatan bisa berpotensi meningkat sampai diangka 55 persen. Salah satu alasan mendasar para pemilih enggan datang ke tempat pemungutan suara (TPS) karena takut dan hawatir terpapar virus Covid-19.

Adapun terkait persaingan pasangan calon dengan golput, Adib menambahkan, dari hasil survei yang dilakukan, ketika angka golput tinggi, pasangan Siti Nur Azizah dan Ruhamaben akan diuntungkan. Sementara itu, masih kata Adib menambahkan, pada saat angka golput dapat ditekan rendah, maka pasangan Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan yang akan diuntungkan.

Sebab, sambung Adib, dengan dapat ditekannya angka golput itu, pasangan Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan akan bisa memperbesar persentase kemenangan, meskipun pasangan ini tetap unggul pada tingkat golput yang tinggi.

“Ini menunjukan bahwa Benyamin Davnie berkepentingan memperkecil angka golput untuk memperbesar peluang menangnya. Namun sebaliknya Siti Nur Azizah berkepentingan memperbesar angka golput guna meningkatkan peluang kemenangannya. Ini menjadi tolak ukur kita dalam melihat pola-pola kampanye para calon-calon ini nantinya,” sambung Adib.

Sementara itu, bila melihat hasil survei Kajian Politik Nasional (KPN) terkait elektabilitas Rahayu Saraswati paling kecil. Apalagi, tegas Adib, bila melihat karakteristik pemilih Tangerang Selatan, lebih menitik beratkan pada pilihan rasional kepada para calon yang akan maju di Pilkada Tangerang Selatan itu.

“Persentase terkecil saat ini Rahayu Saraswati, karena mungkin secara figur tidak dikenal oleh masyarakat Tangsel. Kalau sisi Muhammad kita lihat cukup bagus, jadi tinggal Saraswati yang perlu kerja ekstra keras untuk mengimbanginya,” urainya.

Informasi, survei Kajian Politik Nasional (KPN) ini dilakukan pada 17-24 Juli, dengan mengunakan metode multistage random sampling, adapun jumlah responden yang dipilih berdasarkan metodologi tersebut, sebanyak 440 orang, dengan sampling of error 4,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. (Haji Merah).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru