banner 728x250

Program BPNT Bermasalah, KNPI Pandeglang Demo Dinas Sosial

  • Bagikan
banner 468x60

KICAUNEWS.COM- Puluhan organisasi mahasiswa yang terhimpun dalam Komunitas Nasional Pemuda Independen (KNPI) Kabupaten Pandeglang, Rabu (05/08) menggelar aksi demonstrasi di depan kantor Dinas Sosial kabupaten Pandeglang di Jl. Raya Serang, Cigadung Kabupaten Pandeglang- Banten.

Dalam aksinya, KNPI Kabupaten Pandeglang meminta agar pemerintah segera, mengevaluasi kinerja Dinas Sosial terkait program Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) yang amburadul, dari mulai Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) yang dinilai KNPI telah melakukan kongkalikong dengan Suplayer.

ARTIKEL LAINNYA :

Selain itu, KNPI Pandeglang dalam aksinya menduga, tim Koordinasi Program BPNT dan Kepala Dinas Sosial Nuriyah melakukan ikut melakukan kongkalikong atas adanya kegaduhan pada program BNPT tersebut.

Koordinator Lapangan (Koorlap) Aksi KNPI Kabupaten Pandeglang, Entis Sumantri mengatakan, Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Pandeglang dalam penyalurannya tidak sesuai dengan regulasi yang sudah ditetapkan.

Ia menjelaskan, penyaluran program BPNT berupa sembako kepada kelompok penerima manfaat (KPM) patut dipertanyakan pasalnya, kualitas sembako secara kualitas tidak layak dikonsumsi oleh masyarakat penerima.

“Faktanya, program BPNT di Pandeglang ini masih banyak persoalan dalam penyaluran kepada KPM dari mulai kualitas, kuantitas bahkan agen E-waroeng dan suplayer ini tidak beres. Kualitas sembako yang diberikan kepada masyarakat penerima manfaat jelas sangat tidak layak di konsumsi dan kami menduga ini sudah melanggar Permensos No 11 Tahun 2019.” Kata Entis, dalam orasinya.

Ia juga menambahkan, ada banyak Tenaga Kerja Sosial Kecamatan dalam prakteknya telah menyalahi aturan seperti diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 48 Tahun 2016 dan Perpres Nomor 12 Tahun 2017.

“Ini terjadi karena banyak oknum TKSK telah menyalahi prinsip dalam Perpres dan juga lemahnya pengawasan pelaksanaan penyaluran program BPNT. Dinas Sosial telah kongkalikong, begitu DPRD kami minta DPRD kami minta segera melakukan pengawasan, bukan malah ikut-ikutan main atau jadi Suplayer.” Tegas Entis.

Baca juga :  Gowes Kapolda Jateng Bersama ICJS Jateng dan Komisi 3 DPR RI Perangi Covid 19 Dengan Berbagi Kebahagian di Surakarta

Informasi, Komunitas Nasional Pemuda Indonesia adalah gabungan dari organisasi pemuda dan mahasiswa yang terdiri dari Pemuda PUI, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Jaringan Pemuda dan Mahasiswa Indonesia (JPMI) Cabang Pandeglang, LMND, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), GPMI, KORPMA-GPII, HMPS, GEMPA, MAPANCAS, dan AGMI. (Haji Merah).

Print Friendly, PDF & Email
ARTIKEL YANG DISARANKAN :
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *