oleh

Antisipasi Banjir Personil Brimob Jabar Cek Saluran Air Sekunder yang Dekat Dengan Pemukiman Warga

Cirebon, Kicaunews.com. – Menghadapi curah hujan yang semakin tinggi di wilayah Desa Kubang Kabupaten Cirebon, membuat Personil Brimob Jabar semakin meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya bencana alam terutama banjir. Wilayah bantaran sungai Desa Kubang memang sering kali berdampak peningkatan luapan air. Untuk itu Tim Sar Brimob sebagai wujud Bakti kepada Masyarakat selalu sigap dan trengginas untuk mengantisipasi kejadian tersebut.

Seperti yang di lakukan Aiptu Tarya bersama Tim, setiap saat mengecek bendungan yang berada di Desa Kubang Kabupaten Cirebon. Pengecekan kondisi ketinggian debit air di Pintu Air Sekunder tersebut bertujuan sebagai langkah antisipasi bencana banjir kiriman akibat curah hujan tinggi di kawasan hulu sungai. “Alhamdulillah Debet air di pintu air sekunder Desa Kubang masih dalam batas normal. Kegiatan pengecekan akan dilakukan rutin untuk memastikan agar air yang dari Dusun Dusun dapat masuk ke sungai dengan lancar sehingga tidak terjadi banjir. Kami akan selalu memantau kemungkinan terjadinya banjir serta menghimbau kepada warga agar selalu siap siaga apabila terjadi bencana banjir ”. Ujarnya Aiptu Tarya.

Ditempat terpisah saat dihubungi via WhatsApp Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K., Mengatakan “Kegiatan pengecekan debit air di sungai-sungai khususnya yang dekat dengan pemukiman warga merupakan wujud kepedulian Brimob Jabar kepada masyarakat secara langsung dalam rangka membantu masyarakat untuk tidak sembarangan membuang sampah sembarangan untuk menghindari terjadinya Bencana Banjir saat musim hujan tiba, sehingga perlu di Lakukan langkah-langkah konkrit dan solusi untuk mengatasi hal tersebut.” imbuhnya.

Warga setempat juga merespon positif kegiatan yang dilakukan Personil Tim Sar Brimob dan mereka memberikan apresiasi atas kepedulian anggota Brimob yang memperdulikan warga, Aiptu Tarya mengatakan ” agar peran aktif dari perangkat Desa serta tokoh Agama, dan Pemuda untuk mensosialisasikan kepada warganya agar menjaga kebersihan, serta tisak membuang sampah si sungai, sehingga mengurangi bahaya banjir,” pungkasnya.

Baca juga :  Patroli Sambang Brimob Polda Jabar di Hari Raya Idul Adha

Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K., menambahkan “kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Bakti Brimob Polda Jabar untuk masyarakat dalam menghadirkan Negara di tengah-tengah masyarakat”.

“Ini merupakan wujud Bhakti Brimob Polda Jabar dalam hal ini di wilayah Cirebon, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta kedekatan emosional antara Brimob dengan masyarakat sekitar″, ujar Kombes Pol. Asep Saepudin.

Ia juga menegaskan “Kita harus waspada dan kita harus melindungi masyarakat, khususnya Jawa Barat karena kita merupakan anggota Polri yang mempunyai kewajiban melindungi masyarakat dari segala macam bahaya”. Tutupnya.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru