oleh

Polres Karawang Buka Pendaftaran Akademi Kepolisian Dan Tamtama

KARAWANG, Kicaunews.com – Polres Karawang mulai membuka penerimaan calon taruna Akademi Kepolisian, dan Tamtama Polri tahun 2020 diAula Mako polres Karawang, Jumat (03/7/2020).

Kepala Bagian Sumberdaya (Kabag Sumda), Kompol Adi Fauzi SE mengatakan pembukaan taruna Akademi Kepolisian, Tamtama Polri tahun 2020 dibuka mulai hari ini Jumat dan Sabtu melalui pendaftaran online di web http://www.penerimaan.polri.go.id,” ujar Kabag Sumda.

Sejumlah persyaratan umum, pendaftaran, diantaranya warga negara Indonesia (Pria atau Wanita), beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada negara kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Akademi Kepolisian Syarat: 1. Pria/wanita, bukan anggota/mantan Polri/TNI dan PNS atau pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI; 2. Berijazah serendah-rendahnya SMA/MA jurusan IPA/IPS (bukan lulusan dan atau berijazah paket A, B dan C) dengan ketentuan: Nilai kelulusan rata-rata Hasil Ujian Nasional/UN (bukan nilai gabungan): Tahun 2016 s.d 2019 dengan nilai rata-rata minimal 60,00; Tahun 2020 akan ditentukan kemudian. Nilai kelulusan rata-rata Hasil Ujian Nasional/UN (bukan nilai gabungan) khusus Papua dan Papua Barat: Tahun 2016 s.d 2018 dengan rata-rata minimal 60,00 Tahun 2019 dengan nilai rata-rata minimal 55,00 Tahun 2020 akan ditentukan kemudian.

Bagi lulusan tahun 2020 (yang masih kelas XII) nilai rapor rata-rata kelas XII semester I minimal 70,00 dan setelah lulus menyerahkan nilai Ujian Nasional dengan nilai rata-rata yang akan ditentukan kemudian.

Bagi yang berumur 16 sampai dengan kurang dari 17 tahun dengan ketentuan nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 75,00 dan memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan nilai mata pelajaran Bahasa Inggris pada UN dan nilai rapor mata pelajaran Bahasa Inggris minimal 75,00 serta melampirkan sertifikat TOEFL minimal skor 500.

Baca juga :  Babinsa dan Bhabinkamtibmas Polsek Rancasari Polrestabes Bandung Sambangi Warga Sosialisasikan 3 M 1 T

Ketentuan tentang Ujian Nasional Perbaikan: Bagi lulusan tahun 2016-2019 yang mengikuti Ujian Nasional perbaikan dapat mengikuti seleksi penerimaan terpadu Akpol T.A. 2020 dengan ketentuan nilai rata-rata memenuhi persyaratan Calon peserta yang mengulang di kelas XII baik di sekolah yang sama atau di sekolah yang berbeda tidak dapat mengikuti seleksi penerimaan Taruna Akpol T.A. 2020.

Bagi pendaftar dari Pendidikan diniyah Formal (PdF) dan Satuan Pendidikan Muadalah (SPM) paa pondok pesantren memiliki nilai kelulusan rata-rata hasil imtihan wathoni (Ujian Standar Nasional) atau ujian akhir muamalah, dengan nilai akhir kelulusan rata-rata 70,00. Berumur minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun pada saat pembukaan pendidikan; Tinggi badan minimal (dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku): Pria: 165 cm Wanita: 163 cm,

Belum pernah menikah secara hukum positif/agama/adat, belum pernah hamil/melahirkan, belum pernah memiliki anak biologis (anak kandung) dan sanggup untuk tidak menikah selama dalam pendidikan pembentukan.

Selanjutnya sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari institusi kesehatan), berumur paling rendah 18 tahun pada saat diangkat menjadi anggota Polri, tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (dibuktikan dengan SKCK dari Polres setempat), Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela.

“Peserta yang mengikuti pendaftaran, dapat melakukan verifikasi administrasi di Mapolres Karawang. Kanbag Sumda juga menegaskan, pada pendaftaran penerimaan Akpol, Tamtama Kepolisian ini peserta tidak dipungut biaya atau gratis dan bebas dari praktek KKN, dengan menerapkan prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis). tegas Kabag sumda.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru