oleh

Wardah Cholid : Jajanku Sedekahku

KICAUNEWS.COM – Selayaknya muamalah yang lain seperti minum, orang yang berilmu bukan hanya sekedar menghilangkan dahaga tapi ketika minum tau ilmunya bukan hanya sekedar menghilangkan haus tapi juga mendatangkan kesehatan dan pahala yang banyak.

Minum dengan duduk akan membuat ginjal kita sehat minum dengan bismillah memakai tangan kanan dan diakhiri dengan hamdalah minum sedikit demi sedikit itu semua adalah sunnah dan sudah pasti akan mendapatkan banyak sekali pahala.

Begitu juga dengan jajan.. nah buat temen-teman yang suka jajan yuk mari mulai hari ini kita niatkan jajan itu sebagian dari sedekah. Mengapa demikian.

Begini rasionalisasinya
Pertama jika kita membeli jajanan secara otomatis pedagang akan senang karena dagangannya dibeli.. pedagang yang kita beli itu bisa jadi mereka yang sedang bekerja keras untuk keluarga, sedang bekerja keras untuk membiayai pendidikan anak-anaknya dengan begitu secara tidak langsung kita sudah membantu perekonomian mereka.

Dengan niat sedekah uang yang kita keluarkan untuk jajan akan Allah lipatgandakan lagi. Kenapa begitu?

Karena Allah sudah menjanjikannya kepadamu Dalam firmanNya

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezeki yang baik-baik ” (Qs Saba ’39 ).

Kedua jajanlah ditempat terdekatmu. Seperti Tetanggamu, saudaramu atau temanmu. Belilah produk mereka atau minimal kamu bisa ikut mempromosikan produk mereka. Dengan demikian kita sudah saling membantu dalam kebaikan.

ۘ وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya [al-Mâidah/5:2]

Baca juga :  Pengenalan Lingkungan Sekolah Pada Peserta Didik Baru

Ketiga, sesekali traktir keluargamu tetanggamu atau temanmu jajan. Kebahagiaan mereka akan menambah keberkahan rizkimu

Keempat, sama halnya seperti ucapan maka pikiranpun adalah doa. Semakin banyak orang berfikir kita banyak uang karena sering mentraktir maka akan semakin banyak doa yg dilimpahkan kepada kita.

أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِى بِى

“Aku sesuai dengan persangkaan hamba pada-Ku” (Muttafaqun ‘alaih)

Mulai dari sekarang buat yang suka jajan biar uang yang kita keluarkan bukan hanya sekedar untuk mengeyangkan perut kita semata mari kita mulai gerakan “NIAT JAJAN UNTUK SEDEKAH”

Waallahu A’lam Bissowab

Penulis : Wardah Cholid

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru