oleh

Menumbuhkan Budaya Literasi di Masa Pandemi

KICAUNEWS.COM – Alhamdulillah, sudah 3 bulan anak anak belajar di rumah. Ada rasa bosan pastinya karena belum bisa pergi ke sekolah, bertemu dengan teman dan guru.

Banyak sesungguhnya aktifitas menarik yang bisa dilakukan oleh orang tua dan anak selama masa belajar dirumah. Salah satu aktifitas yang dapat dilakukan adalah menumbuh kembangkan budaya membaca dan menulis (Literasi).

Orang tua dapat menumbuhkan kembangkan budaya literasi dengan cara menyediakan buku bacaan, mengajak anak membaca, menceritakan buku pavourit orang tua waktu kecil dan membangun perpustakaan sederhana dirumah.

Disamping itu orang tua juga bisa mengajak anak membuat album foto keluarga dan membuat narasi dibagian bawah foto, membuat catatan harian anggota keluarga serta membuat buku tentang mimpi atau cita cita anggota keluarga (Family dream book). Kegiatan menulis juga bisa diperluas dengan mengirim surat kepada keluarga, kerabat dan sahabat di luar kota, di desa bahkan diluar negeri.

Menumbuh kembangkan budaya literasi dimasa pandemi adalah sebuah keniscayaan jika kita ingin melahirkan generasi unggul.
Ciri dari generasi unggul salah satunya adalah memiliki budaya baca tulis yang kuat. Tanpa budaya baca tulis yang kuat, rasanya generasi mendatang akan sulit bersaing dengan bangsa lain yang memiliki keunggulan budaya literasi.

Hari ini, generasi kita masih rabun membaca dan pincang menulis, demikian pendapat penyair senior Bapak Taufiq Ismail. Jika kondisi ini dibiarkan tanpa upaya serius (massif, terstruktur, terorganisir dan konsisten) dari seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah, maka bisa jadi kita bukan lagi bangsa yang rabun membaca dan pincang menulis, tapi sudah menjadi bangsa yang tak suka membaca apalagi menulis, alias bangsa yang pelit membaca, sulit menulis. Semoga tidak terjadi.

Baca juga :  Bhabinkamtibmas Polsek Rancasari Polrestabes Bandung Melakukan Pembinaan Keamanan Sekaligus Patroli Malam Hari

Oleh : Agus Fatah (Pegiat Literasi)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru