oleh

Bentuk Kebiasaan Baik Sejak Dini, Sambil Berenang Anak – anak Pungutin Sampah Di Sungai Cikapundung

Bandung,kicaunews.com – Sejumlah anak – anak asyik berenang. Anak-anak menceburkan dirinya ke sungai sambil memunguti sampah. Sementara yang lainnya berendam dan sesekali menyelam agar kepala basah.

Begitulah pemandangan yang terlihat di Sungai Cikapundung, Rw. 8 kelurahan Braga, Kec. Sumurbandung, Kota Bandung. Jum’at (19/6/2020).

Dansektor 22 Satgas Citarum Harum Kol. Inf. Asep Rahman Taupik melalui Dansub 12 Peltu Ade Sukmana mengatakan, Kita lihat, sungai sudah bisa dipakai berenang oleh anak – anak yang sangat menyenangkan, meski tampak kedinginan, anak-anak itu enggan menepi. “Mereka terus berendam dengan leluasanya sambil memunguti sampah, ada sampah pun mereka singkirkan ke tepi sungai. ini kebiasaan baik sejak dini”. Katanya.

“Jangan jauh-jauh ya, di tempat yang surut aja, sambil berenang kalau ada sampah pungutin ya”. Tambah Peltu Ade Sukmana kepada anak – anak.

Jika air Sungai Cikapundung, surut dan bening, menurut Ade, Anak – anak memanfaatkannya dengan nyemplung ke sungai.

“Menurut masyarakat sekitar, dulu sungai ini banyak sampah dan kotor, banyak sampah yang hanyut terbawa derasnya aliran air, Setelah ada satgas Citarum harum sekarang sudah bersih anak – anak sudah bisa berani berenang”. Tambahnya.

Meskipun kondisinya masih ada yang kurang, kedepan kita akan terus membersihkannya, sehingga bisa dimanfaatkan lebih baik oleh masyarakat sekitar.

Peltu Ade Sukmana menghimbau, kepada warga masyarakat untuk tidak membuang sampahnya sembarangan, terutama ke sungai. Jika sungai bersih, masyarakat pun bisa memanfaatkannya juga.

“Hentikan membuang sampah ke sungai. Jadikan sungai sebagai beranda depan, sehingga kita menyayangi sungai. Karena sungai itu sebagian dari sumber kehidupan kita”. Pungkasnya.

(Muh.Warman)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru