oleh

Tiga Desa Di Cirebon Terlibat Tawuran , Brimob Jabar Amankan Proses Mediasi

Cirebon,kicaunews.com – Komandan Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jawa Barat AKBP M. Andri, S.Si mengikuti pertemuan dan audiensi terhadap tiga desa yang terlibat tawuran minggu lalu di kantor Kecamatan Suranennggala Wilkum Polres Cirebon Kota, dalam pertemuan tersebut selain di hadiri oleh Bupati Cirebon, dan Dandim 0620/Kab. Cirebon beserta unsur Forkopimda Kab. Cirebon. Rabu (17/6/2020).

Pertemuan dengan melibatkan tiga desa yang saling konflik, antara lain Desa Sirnabaya, Purwawinangun dan Desa Mertasinga, di Kantor Kecamatan Suranenggala dengan Perwakilan dari desa yang hadir antara lain, tokoh masyarakat, perangkat desa dan tokoh pemuda dari desa yang berkonflik, serta dari kecamatan.

Hasil pertemuan menyepakati bahwa ketiga desa yang terlibat tawuran akan mengakhiri konflik. Sehingga tidak ada lagi dendam antar desa yang berujung terhadap tawuran.

“Mereka sepakat untuk berdamai dan tidak memperpanjang persoalan ini kembali,” ujar Bupati Cirebon Imron Rosyadi.

Menurutnya, kesepakatan damai ini setelah sebelumnya dilakukan pendekatan yang sangat alot. Namun atas kesadaran warga sendiri perjanjian damai tersebut bisa terwujud.”Jika tawuran kembali pecah, mereka sepakat untuk menyerahkan ke penegak hukum,” ujarnya.

Sebelumnya tawuran antar tiga desa di Kabupaten Cirebon ini, sudah tiga kali terjadi dalam kurun waktu satu bulan. Dalam kejadian tersebut, belasan rumah rusak dan sejumlah warga mengalami luka terkena anak panah.

Sementara di tempat terpisah Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K., mengatakan” Kami dari Satuan Brimob Polda Jabar menyiagakan 2 SSK Brimob Batalyon C Pelopor di lokasi untuk mencegah terjadinya kasus serupa, kami juga akan mengambil langkah, baik langkah persuasif, preventif dan penegakkan hukum”.

“Personil yang disiagakan ini akan melakukan patroli berkala di Ketiga Desa yang terlibat Bentrokan. Karena Kami ingin memastikan situasi sudah kondusif dan memberikan rasa aman kepada masyarakat” Ujar Dansat Brimob.

Baca juga :  Dolly Yatim (Ketua Golput Indonesia):Sukseskan Pemilu 2019 Yang Aman dan Damai

“Ini merupakan wujud bakti Brimob kepada masyarakat, intinya semua pihak agar menahan diri, tidak mudah terprovokasi dan harus menjaga keamanan, tidak boleh ada main hakim sendiri dalam menjaga kondusifitas Kab. Cirebon”, tegas Dansat Brimob Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K.***

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru