oleh

Sosialisasi Data Pemilih Berkelanjutan KPU Kota Jakarta Timur

JAKARTA, Kicaunews.com – KPU Kota Jakarta Timur melaksanakan sosialisasi Daftar Pemilih Berkelanjutan secara virtual, Rabu (17/06/2020), Acara dimulai puku 13.30 s.d. 15.30 wib. Sosialisasi menyasar pada pada kaum Pemilih rentan, seperti Pemilih Pemula, warga binaan yang diwakili para pengurus Lapas dan Rutan, baik yang Ada di Cipinang maupun di Pondok Bambu, segmen Pemilih yang tinggal di perbatasan, dan segmen pemilih kaum marginal. Peserta lain yang hadir adalah KPU Kota lain diwilayah Jakarta.

Selain itu, hadir pula Ketua KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos untuk memberi sambutan, didampingi oleh Komisioner lain. Bahkan Kepala Divisi Data DKI Partono Samino ikut memberikan materi kepada peserta yang hadir. Jumlah peserta yang hadir memang turun naik karena Ada yang keluar dan masuk, namun titik tertinggi Ada diangka 51 dan ditambah pegawai KPU Jakarta Timur yang nonton bareng di kantor jdi mencapai angka 61.

Kepala Divisi Data Pemilih KPU Jakarta Timur Tedi Kurnia menyampaikan beberapa hal kepada peserta, diantaranya bahwa Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan dilakukan setiap bulan, lalu menyampaikan proses pemutakhiran yang meliputi analisis kelengkapan data, sanding data Dan input data.

Selanjutnya Tedi Kurnia menyampaikan bahwa kelebihan adanya Tahapan ini adalah analisa data sedini mungkin, jauh sebelum hari pemungutan suara digelar, antisipasi masalah dari awal, data selalu update dan akurasi dijamin karena tiap bulan update. Sehingga Tahapan ini bisa menjadi solusi dini buat segmen pemilih rentan dalam memperjuangkan hak pilih. Itulah relevansi daftar undangan dengan kegiatan Hari ini.

Tedi Kurnia juga menjelaskan perjalanan data yang sudah dimutakhirkan sejak maret dan diplenokan di bulan April sampai bulan Mei yang diplenokan dibulan Juni. Data Pemilih Berkelanjutan Edisi terbaru adalah berjumlah 2.270.947 Pemilih.

Baca juga :  Kapolsek Kedokanbunder Gelar Pendisiplinan Gelar Dalam Rangka Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

Respon dari peserta juga beragam, tapi intinya mereka menginginkan data Pemilih selalu update, dan memperbaiki kesalahan dimasa lalu, seperti rendahnya warga binaan yang datanya bisa dilengkapi elemen data pemilihnya, hal tersebut bisa dilakukan perbaikan dari sekarang.

Ketua KPU DKI Jakarta juga menyampaikan harapan, kedepan data Pemilih bisa lebih berkualitas dan lebih akurat dengan adanya tahapan daftar Pemilih Berkelanjutan. (AW)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru