oleh

Rapat Koordinasi Persiapan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Edisi Ke II

JAKARTA, Kicaunews.com – KPU Kota Jakarta Timur mengadakan Rapat Koordinasi Persiapan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Edisi ke II yang dilakukan pada Hari Senin, 11 Mei 2020 mulai pukul 13.30 sampai pukul 15.00 wib. Rapat Koordinasi dilakukan secara virtual dengan mengundang stakeholder terkait, yaitu KPU Provinsi DKI Jakarta, Bawaslu Kota Jakarta Timur dan Sudin Dukcapil Kota Jakarta Timur. Peserta yang hadir adalah 17 orang.

Pihak KPU Prov DKI Jakarta diwakili oleh Kadiv Pemutakhiran Data Pemilih yaitu Partono, Dan Koorwil Jakarta Timur yaitu Nurdin. Bawaslu diwakili oleh Ketua Bawaslu Syakhroji dan didampingi Anggota Bawaslu Marhadi serta beberapa staff, Sudin Dukcapil diwakili langsung oleh plt Kasudin Jakarta Timur yaitu M. Nurrahman dan didampingi staff bagian data Radit.

Setelah dibuka acara oleh Ketua KPU Jakarta Timur, acara dilanjutkan oleh pengarahan KPU Provinsi DKI Jakarta. Setelah pengarahan dari KPU DKI Jakarta, Pembahasan rapat dipimpin oleh Komisioner KPU Jakarta Timur Bidang Pemutakhiran Data Pemilih yaitu Tedi Kurnia.

Tedi Kurnia menyampaikan beberapa pembahasan yaitu beberapa kendala terkait Pemutakhiran Data, salah satu kendala yang mencolok adalah belum tersedianya fitur dalam Sidalih untuk Data Pemilih Berkelanjutan. Hal lain tentu saja mengenai ketersediaan Anggaran untuk menyusun Data Pemilih Berkelanjutan. Namun, Karena amanat UU 7 tahun 2017 maka Tahapan wajib dijalankan.

Tedi Kurnia juga menyampaikan bahwa setelah menerima data dari Dukcapil, KPU Kota langsung melakukan analisis data, menyandingkan data DPTHP 3 dan DPK serta menginput. Tedi Kurnia juga menjelaskan rekap perubahan data, yaitu TNI /Polri 2403, Pindah 67.126, Wafat 29.419, Pemula 52.497 Dan Pendatang 37.521

Plt Kasudin Dukcapil menyatakan bahwa data yang disampaikan ke KPU adalah data operasional, artinya data tersebut adalah data yang dihimpun pasca pemilu 2019, artinya mulai tanggal 18 April 2019 hingga tanggal 4 April 2020. Hal lain yang disampaikan adalah mengenai data pindah, data pindah baru mencakup data yang pindah keluar dki, belum termasuk data yang pindah antar daerah dalam Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga :  Terduga Teroris Tangerang Selatan masih ada hubunganya dengan Bahrun Naim

Kepala Divisi Pemutakhiran Data Pemilih KPU DKI Jakarta Partono meminta kedepan Dukcapil melengkapi Data perpindahan yang terjadi didalam Kab/ Kota di Provinsi DKI Jakarta.

Ketua Bawaslu Jakarta Timur Sakhroji menyampaikan bahwa kedepan perlu diundang kaum disabilitas dalam Rakoord mendatang, hal lain adalah perlu juga koordinasi dengan Dinas Pemakaman terkait data yang meninggal dan menekankan perlu adanya terobosan di tps untuk mengakomodir Pemilih DPK, sehingga Pemilih DPK semakin mudah di akses dan semakin akurat. (AW)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru