oleh

Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kabupaten Pangandaran Akan Lanjutkan Verifikasi Faktual Syarat Perseorangan.

Pangandaran-kicaunews.com, Muhtadin Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatakan, mulai hari ini Senin, (15/06/2020), akan lanjutkan tahapan Pemilihan kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pangandaran.

Hal itu berdasar pada Peraturan KPU (PKPU) No. 5 Tahun 2020 perubahan atas PKPU Tahapan, Program dan Jadwal Pilkada 2020 yang sudah terbit.

“PKPU perubahan ini telah terbit, yang substanstinya pelaksanaan pemilihan pada 9 Desember dan tahapan Pilkada dilanjutkan pada 15 Juni, untuk memulai kembali tahapan tersebut, KPU Pangandaran akan mengaktifkan kembali badan penyelenggara Ad Hoc, yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan pihaknya akan melanjutkan tahapan yang tertunda karena pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu.” ungkap Muhtadin.

“Kemarin yang ditunda itu verifikasi perseorangan, setelah Pilkada dilanjutkan, akan dilanjut kembali yang itu, verifikasi faktual syarat calon perseorangan” tutur Muhtadin.

Menurut Muhtadin verifikasi faktual syarat perseorangan diantaranya KTP pendukung yang akan di survey langsung kelapangan.

“Kami sudah siapkan tim untuk mensurvey berkas KTP yang telah di lampirkan untuk mengecek keabsahannya.” tuturnya.

Lanjut Muhtadin, apabila KTP yang dilampirkan tersebut benar bahwa mereka mendukung, maka verifikasi tersebut benar, namun apabila hasil dilapangan tidak sesuai dengan hasil survey maka akan di minta ulang, misalkan yang dibutuhkan 20 ribu KTP dan yang tidak sesuai 10 ribu KTP, maka di haruskan melampirkan kembali 2 kali lipat dari kekurangannya yaitu 20 ribu KTP.

“Apabila kekurangan tersebut sudah terpenuhi maka verifikasi KTP pendukung sudah selesai.”pungkasnya.
***Nurzaman***

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru