oleh

Jusuf Kalla : Presiden Jokowi, Gubernur DKI Jakarta, dan DMI Sepakat Jumat Ini Masjid Dibuka di Jakarta

Jakarta, Kicaunews.com – Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) berkonsultasi dengan Presiden Jokowi dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait kesiapan Masjid di Ibu Kota menggelar shalat Jum’at. Seperti dilansir oleh Detik News, JK mengatakan bahwa Jokowi, Anies, dan DMI sepakat Masjid untuk dibuka kembali.

“Yang paling aman dalam situasi ini justru di rumah ibadah. Berbeda dengan di mall atau di pasar mungkin Anda tidak bisa jaga jarak dengan betul. Tidak bisa cuci tangan setiap saat. Kemudian di Masjid itu paling lama setengah jam salat Jum’at, apalagi kita minta diperpendek. Itu kenapa Bapak Presiden dan Gubernur (DKI Jakarta)dengan DMI sepakat untuk mulai Jumat ini masjid buka ” kata JK dalam video yang diterima, Rabu (03/06/2020)

Hal ini disampaikan JK seusai mengecek penyemprotan disinfectan dalam rangka persiapan prosedur “New Normal” di rumah ibadah. Dalam hal ini, JK bersama pengurus DMI mengecek Masjid Agung Al – Azhar, Jakarta.

“Pertama, untuk melihat kesiapan kembali di Jakarta ini secara resmi ada juga tidak resmi melaksanakan salat Jum’at. Insya Allah lusa ini setelah saya berkonsultasi dengan Bapak Presiden dan Bapak Gubernur DKI ” ujar Jusuf Kalla

Lebih lanjut, JK menjelaskan bahwa Masjid akan dibuka untuk umum apabila pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terkait penanganan COVID 19 di DKI Jakarta, yang berakhir pada 4 Juni, tidak diperpanjang.

Meskipun Masjid boleh digunakan untuk melaksanakan ibadah shalat kembali, JK menekankan bahwa seluruh Masjid harus melaksanakan protokol kesehatan ekstra ketat, di antaranya menjaga jarak minimal 1 meter antar jama’ah, memakai masker, membawa alas shalat atau sajadah masing – masing, dan Masjid wajib menyediakan fasilitas cuci tangan atau hand sanitizer.

Baca juga :  Senator: BPJS Telat Bayar, Masyarakat Jadi Korban !

“Pakai masker, kalau ada jama’ah tak pakai masker suruh dulu pakai masker baru boleh masuk, kemudian cuci tangan di setiap pintu ada disinfectan, atau sabun atau tempat wudhu meski ada sabun,” tutup ujar Wakil Presiden ke – 10 dan ke – 12 ini. (*)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru