oleh

Pesisir Kendal Dalam Program H Windu Suko Basuki

Kendal, Kicaunews.com – Panjang pantai Kendal hampir 42 km,membentang dari Mororejo, Wonorejo, Turun Rejo, Bandengan,Kartika jaya, Margorejo,Kalirejo, jungsemi, Karangmalang hingga Sendang sekucing. Menjadi muara sungai/kali aji, sungai warigin, sungai Blorong, sungai Kendal, sungai buntu, sungai Bodri,sungai blungkar, sungai pening, sungai damar hingga sungai/kali kutho.

Demikian pula ada potensi wisata pantai diantaranya : ngebom,pulau tiban,muara kencan, pantai jomlon,pantai cahaya dan pantai kriwik.

Ada potensi tempat pelelangan ikan di TPI Bandengan, TPI korowelang dan TPI Tawang Gempol Sewu. Luas tambak lebih dari lebih dari 30.000 Ha dan dan lebih dari 150.000 jiwa, yang menggantungkan hidup di sektor perikanan ini, ditambah hadirnya KEK seluas 4500 Ha akan menambah daya tarik sendiri di kawasan pesisir kita.

Namun dari segudang potensi ada hambatan yang perlu kita selesaikan. Salah satu warga yang ditemui awak media Agus Widodo 50 asal bandegan, daerah sini sering Rob mas, Rob yaitu naiknya air laut darat, sering juga banjir musiman yg bisa merusak tambak dan lahan pertanian masyarakat, abrasi pantai, harga ikan yg tidak stabil, cuaca buruk dimana nelayan tidak bisa melaut dan terpaksa harus hutang sana sini untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. paparnya.

Separti yang disampaikan oleh saudara Iwan Sugiarto 40 tahun selaku sopir yang sering mangkal di area pelabuhan, dia menceritakan Keberadaan pelabuhan Kendal belum berjalan sesuai dengan yang diharapkan artinya belum mampu menjadi mode pilihan transportasi laut yang bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat kendal.

Dalam pandangan dan program H.Windu Suko Basuki saat berdiskusi dengan tokoh desa Wonorejo menyampaikan, kita harus punya wisata pantai kelas internasional dengan memperbaiki pantai ngebom, agar tidak Rob kita perbanyak hutan mangrove, kita buat bendugan utk mengatur debit air dan kalau perlu kita buat sabuk pantai.

Baca juga :  Patroli Dialogis Polsek Rawamerta

“Kita harus buat TPI yang besar agar kapal berukuran besar bisa berlabuh, kita simpan hasil tangkapan dan tambak supaya mendapatkan harga yg bagus kita manejemen stok ikan kita, kita juga harus mampu membuat aneka olahan khas daerah berbahan dasar ikan, seperti trasi, ikan asap, ikan kaleng, bandeng cabut duri, presto dan lainnya, Kita maksimalkan keberadaan kawasan ekonomi Kendal untuk mengerakkan perekonomian daerah,”tuturnya.

Pengalaman Beliu menyuplai BBM di beberapa tempat utk kapal-kapal di sepanjang pulau Jawa, tentu bisa diandalkan utk memperbaiki kondisi ekonomi wilayah pesisir pantai Kendal. Amiiin. (Sukrisno)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru