banner 728x250

500 Pohon Kembali Di Tanam Sektor 22 Satgas Citarum Harum Di Cisaroni Lembang

  • Bagikan
banner 468x60

Lembang,Kicaunews.com – Satgas Citarum Harum sub 16 sektor 22 hari ini menanam 500 pohon di Kp. Cisaroni Desa Cikahuripan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (14/05/2020). Sebagai langkah untuk memungsikan konservasi hutan sehingga ekologi tanah bisa seimbang.

Serma Epi Nana (Dansub 16 sektor 22) mengawali penanaman ini, diikuti oleh warga setempat yang turut menanam sebagai pembuktian mereka yang nantinya turut merawat hasil tanam sampai tumbuh sebagaimana layaknya.

banner 336x280

Dikatakan Epi, “Penanaman pohon di Desa Cikahuripan, Kp. Cisaroni RW 08 bersama warga dan aparat desa sebanyak 500 phn, terdiri dari pohon manglid, akasia minimum, kopi, nyamplung dan jambu kristal,” ucapnya.

Kampung Cisaroni merupakan kawasan milik Perum Perhutani, sebagi hulunya Sungai Cibeureum yang bermuara di Sungai Citarum, sangat membutuhkan penghijauan tanaman keras supaya penyimpanan air tanah berfungsi normal.

“kini mata air nya semakin surut bila musim kemarau bahkan warga sekitarnya merasa kekeringan (sumber warga cisaroni), sebagai dampak dari tanamam keras mengurang, walaupun diatas bukit ini ditumbuhi tanaman keras jenis pinus namun pertumbuhannya kerdil.” kata Epi.

Hal diatas dibenarkan oleh warga setempat dan beberapa pengurus Desa Cikahuripan, sehingga mereka antusias turut larut dalam penanaman pohon hingga sanggup merawat hasil tanamnya sampai tumbuh subur. “kami mengharapkan tanaman ini bisa tumbuh baik, sehingga mata air Cisaroni bisa normal seperti dulu lagi,” harap Ujang, Ketua Rw. 08.

Print Friendly, PDF & Email
banner 336x280
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *