oleh

LATIHAN PENANGGULANGAN KEBAKARAN DI LANUD SIM

Aceh Besar, KICAUNEWS.COM-Dalam rangka mengantisipasi kemungkinan terjadinya kebakaran, Dinas Operasi Lanud Sultan Iskandar Muda melaksanakan program latihan penanggulangan kebakaran di halaman Lanud Sultan Iskandar Muda yang diikuti seluruh personel Lanud SIM, Aceh Besar. Kamis (4/5/2020).

“Kebakaran dapat terjadi kapan saja dan dimana saja yang mampu menimbulkan kerusakan dan kerugian baik materiil ataupun personel, sehingga perlu adanya pelatihan penanggulangan kebakaran untuk meminimalisir kerugian yang diakibatkannya,” ujar Kasi Opslat Mayor Lek Endarjanto saat memberikan penjelasan teori penanganan kebakaran yang mewakili Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Hendro Arief H., S.Sos.

Lanjut dikatakan bahwa setiap personel harus mengerti dan memahami jika terjadi kebakaran, akan berbuat apa dan bagaimana penangananya. “Untuk itu latihan ini perlu kita ulang kembali, karena untuk meminimalisir kerugian jika terjadi, apalagi wilayah kita Kecamatan Blang Bintang arus listriknya sering naik turun yang dapat menimbulkan terjadinya konsleting listrik.untuk itu perlu kita laksanakan latihan ini,” tambahnya.

Tepat setelah dilaksanakan apel pagi, seluruh personel berkumpul untuk melihat simulasi dan dilanjutkan pelatihan penanggulangan kebakaran.

Menurut Ps. Kasubsibaseresque sibaseops Lanud Sultan Iskandar Muda Letda Lek Siswanto, A.md latihan penanggulangan kebakaran merupakan latihan kesiapan bagi personel dalam rangka menanggulangi dan mencegah terjadinya kebakaran serta menciptakan keselamatan kerja dalam setiap pelaksanaan tugas dikesatuan. “Melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh personel memahami apa yang harus diperbuat, memiliki kesiapan dan kemampuan dalam upaya penanggulangan kebakaran dengan menggunakan alat pemadam kebakaran secara tepat, cepat dan aman,” ujarnya.

Diawali penjelasan tentang sumber kebakaran, bahaya dan tingkatan cara pencegahan kebakaran kemudian cara penanggulangan kebakaran serta pengenalan alat pemadam kebakaran (Alpeka).

Setelah dijelaskan secara sederhana, dilanjutkan cara pengoperasian alpeka baik secara konvensional maupun modern serta diakhiri perwakilan personel mempraktekkan cara memadamkan api dengan menggunakan karung goni yang basah dan alpeka jenis powder.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru