oleh

Ihwan datu Adam : Mengambil Hikmah Ramadhan Saat Pendemi Covid-19

Paser, Kicaunews.com – Puasa ramadhan sudah memasuki hari ke 4 walaupun suasana ramadhan ini berbeda dengan tahun sebelum nya baik dalam pelaksanaan tarawih maupun kegiatan buka bersama yang di adakan di tahun tahun sebelum nya. Namun kita harus bersyukur karna banyak hal yang bisa kita ambil hikmah nya dalam situasi yang seperti ini. Baik dari sisi sosial maupun ekonomi yang saat ini terjadi.

Jumlah pasien Covid-19 yang terus meningkat dan banyak usaha yang saat ini harus merasakan dampak dari musibah penyebaran virus Corona ini, namun semua itu kita harus ambil pelajaran terbaik sehingga ramadhan ini menjadi hikmah yang paling besar untuk kita, dan terus menghidupkan suasana ramadhan 1441 H, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menghidupkan suasana ramadhan baik dalam situasi seperti ini.

PSBB dan sosial distancing yang saat ini di terapkan bukan hambatan untuk kita membantu sesama baik di lingkungan sekitar kita maupun menolong saudara saudara kita lain nya yang terdampak khususnya bidang ekonomi banyak kegiatan usaha yang tutup dan tingkat kemiskinan semakin tinggi, khususnya bagi kita yang mampu bisa berbagi baik untuk menu buka puasa maupun kebutuhan pokok.

Membantu program pemerintah daerah untuk mengurangi dampak yang miskin maupun yang rentan miskin, baik dari tingkat pusat maupun daerah saat ini memberikan bantuan logistik bagi mereka yang terdampak dengan memberikan bantuan sembako ke masyarakat, inipun bisa kita lakukan sehingga masyarakat yang terdampak bisa menikmati suasana Ramadhan dan tidak melihat dari nilai yang di berikan.

Selain itu hikmah lain yang perlu kita ambil adalah di saat tempat tempat ibadah di tutup maka kesempatan kita untuk dekat dengan anggota keluarga kita buka bersama dengan keluarga, solat tarawih berjamaah bersama keluarga kita sehingga hubungan keluarga akan semakin kuat, dan suasana ramadhan akan tetap hidup, semoga pendemi Covid-19 ini bisa segera berlalu. (Red/Zaky)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru