oleh

Pemerintahan Desa Pesanggrahan Kroya Cilacap Siapkan Ruang Karantina Bagi Yang Terpaksa Mudik

Cilacap, Kicaunews.com – Dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Covid – 19 , desa Pesanggrahan bekerja sama dengan berbagai lapisan diantaranya lembaga Desa, tokoh masyarakat, Babinsa, Babinkamtibmas dan Karang taruna.

Kegiatan yang di lakukan adalah pendirian Posko Relawan Desa, pembagian masker, pembagian sabun untuk cuci tangan serta cairan penyemprot.

Selain itu menurut penjelasan kepala Desa Pesanggrahan Sarjo Rabu (22/4/2020) pihak pemerintahan Desa yang telah berkordinasi dengan pihak Puskesmas Kroya 1 serta UPT Pendidikan Kroya untuk menyediakan ruang Karantina yang telah di dekat sekat beberapa bagian untuk di sediakan bagi warga Pesanggrahan yang terpaksa harus pulang ke Desa dari perantauan.

Di sediakan ruang Karantina di Sebelah timur Balai Desa Pesanggrahan bagi laki laki dan perempuan yang bertujuan agar para pemudik tidak langsung menuju rumah untuk tinggal bersama keluarga namun terlebih dahulu di karantina sementara.

Pemudik di karantina bertujuan untuk memotong alur penyebaran apabila ada diantara pemudik ada yang diduga terjangkit virus Covid – 19 di perantauan.

Karena karantina mandiri oleh warga yang pulang dari perantauan kadang tidak di patuhi bagi warga yang jiwa kepatuhannya kurang, agar tetap di rumah sementara tetapi malah ke luar rumah jalan jalan atau pergi memancing ikan.

Menurut penjelasan salah satu Relawan Desa Pesanggrahan Wiwin Setyoko kepada awak media Kicau news bahwa pengadaan Posko Relawan Desa berfungsi diantaranya untuk mencatat identitas warga yang pulang ke Desa Pesanggrahan dari perantauan untuk data agar di ketahui jumlah nama nama warga Desa Pesanggrahan yang pulang dari perantauan baik dari dalam negeri sendiri maupun yang pulang dari luar negeri.

Menanyakan serta memeriksa dengan menggunakan alat pengukur suhu agar di ketahui fisik kesehatan para pemudik yang pulang ke Desa Pesanggrahan. (Mugiono)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru