oleh

Kita Semua Terdampak COVID-19, dr. Rinny Marthavinna : Tetap Hadapi Dengan Semangat

JAKARTA, KICAUNEWS.COM — Pandemi Coronavirus yang melanda Indonesia dan Dunia semakin lama semakin mengkhawatirkan. Banyak sudah korban terpapar yang berjatuhan, tak terkecuali dengan Tim Medis (para dokter dan perawat) yang berada dalam garda terdepan penanganan penyakit menular yang berbahaya ini.

Para Pahlawan kemanusiaan ini mati-matian berjuang menyembuhkan orang yang terpapar Covid-19 dengan resiko yang besar. 

Hal ini menjadikan keprihatinan tersendiri bagi dr. Rinny Marthavinna seorang Dokter yang juga aktifis perempuan. Rinny tak hanya sekedar menekuni profesinya tetapi juga giat dalam berbagai kegiatan sosial-kemasyarakatan.

Sebagaimana dokter lainnya, kesibukannya semakin meningkat dimasa pandemi covid-19 merajalela. Dirinya mengaku kerap bersedih ketika mendengar rekan sejawatnya, satu persatu gugur ketika berjibaku menyelamatkan nyawa orang lain dalam perang melawan coronavirus ini.

“Saya menyatakan duka cita yang mendalam kepada keluarga para rekan sejawat yang wafat dalam tugas kemanusiaan ini, semoga kepergian mereka tidak sia-sia,” kata Rinny yang memiliki satu putra balita yang tampan dan lucu bernama Djoeang Aniessandi HSA ini.

Sebagai seorang dokter, Rinny memang memilih tidak bergabung langsung dalam relawan paramedis di garda terdepan melawan covid-19, dikarenakan dirinya memiliki tanggung jawab sebagai seorang ibu rumah tangga dalam mengasuh anaknya yang masih balita dan melayani suami. Namun Rinny juga tidak dapat berdiam diri berpangku tangan dalam keadaan seperti ini.

Selain tetap menjalani pekerjaannya pada in house Klinik Kesehatan Perusahaan, disela kesibukannya dia juga aktif dalam kegiatan sosial terkait upaya pencegahan dan penanganan covid-19. Karena Dr. Rinny Marthavinna pada dasarnya adalah seorang aktifis perempuan. Ibu Rumah Tangga ini dulu pernah aktif di DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan DPN Srikandi. Dan saat ini aktif pula sebagai pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah DKI dan Bidang Kesehatan MPN Pemuda Pancasila.

Kegiatan sosial yang dilakukan sebagai garda kedua dalam perangi covid-19 ini adalah terlibat dalam upaya penggalangan donasi APD Solidaritas Tenaga Medis 04INS untuk distribusi APD yang dibutuhkan oleh tenaga medis yang tengah berjuang di garda terdepan.

Memberikan konselling terkait coronavirus kepada berbagai komunitas masyarakat dan menganjurkan pola hidup sehat kepada keluarga dan lingkungan terdekat hingga turun langsung di lapangan dalam berbagai bakti sosial kemasyarakatan guna membantu mereka yang terdampak covid-19.

Dr. Rinny Marthavinna bersama Dr. Primastyo Agatha juga tergabung dalam tim medis Taskforces Menwa Indonesia lawan Covid-19, sebuah satuan tugas relawan peduli terdampak covid-19 yang di bentuk oleh Komando Nasional Resimen Mahasiswa (Konas Menwa) Indonesia.

Beberapa kali terlihat Dr. Rinny turut serta dalam baksos yang diselenggarakan di beberapa wilayah di ibukota, baik dalam hal rutin pendampingan sebagai tim medis, membagikan masker, sanitizer, sembako bahkan ikut dalam kegiatan penyemprotan disinfektan berkeliling pemukiman warga.

Dr Rinny juga berpesan agar kita semua tetap bersemangat dalam menghadapi covid-19, dan harapannya agar pandemi ini segera berakhir agar kehidupan masyarakat segera pulih dan normal kembali agar para korban terselamatkan, perekonomian bangsa dan kondisi sosial tidak ambruk.

“Pada dasarnya kita semua terdampak Covid-19, karena itu tetap patuhi himbauan pemerintah dan hadapi segala kesulitan ini dengan tetap semangat!!,” demikian kata Dr. Rinny Marthavinna menutup pembicaraan.(Red)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru