oleh

Bantu Terdampak COVID-19, Konas Menwa Indonesia Bersama DPP Gemura Gelar Baksos

JAKARTA, KICAUNEWS.COM — Meningkatnya pandemi Covid-19 telah semakin meresahkan dan menyusahkan kehidupan banyak orang. Selain jumlah korban yang meninggal dan terpapar virus mematikan ini makin bertambah, fenomena yang tidak kalah memprihatinkan adalah semakin banyaknya rakyat yang susah karena terdampak covid-19 akibat masa PSBB yang telah diterapkan. Selain pemerintah menjadi sibuk, hal ini pun membuat banyak pihak yang peduli turut bahu membahu memberikan bantuan sosial berupa kebutuhan pokok untuk masyarakat yang mematuhi himbauan untuk diam di rumah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Dalam konteks ini, Komando Nasional Resimen Mahasiswa (Konas Menwa) Indonesia turut memerangi coronavirus. Dalam hal ini, induk organisasi Resimen Mahasiswa se-Indonesia ini telah membentuk Satgas Relawan Khusus yang dinamakan Taskforces Konas Menwa Indonesia Lawan Covid-19. Dalam aktifitasnya Konas Menwa Indonesia selalu mengajak elemen bangsa lainnya lintas organisasi untuk melakukan baksos bersama, sebagai perwujudan aksi bela Negara bersama melawan pandemi yang mengglobal ini. Berbagai kegiatan telah dilakukan, mulai dari penyemprotan disinfektan di lingkungan, memberikan himbauan patuhi protocol covid-19 kepada masyarakat, hingga melakukan bakti sosial kemasyarakatan menyasar warga terdampak covid-19 berupa pemberian APD, Masker, Larutan disinfektan dan handsanitizer, khususnya di jabodetabek. 

Setelah sebelumnya melakukan baksos bersama Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) DKI Jakarta dan Dewan Pimpinan Nasional Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) di beberapa titik wilayah ibukota, kali ini pada Minggu, 19/4/2020, Konas Menwa Indonesia menggandeng Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Muda Nurani Rakyat (DPP GEMURA) sebagai organisasi kepemudaan yg independen melaksanakan bakti sosial berupa pembagian daging ayam segar dan beras kepada masyarakat. Pembagian paket bantuan ini disebar secara acak di Pademangan Barat, Tanjung Priuk, Sukapura, Sumur Batu, Pulo Gadung, Mampang Prapatan, Gandaria Utara, Kampung Melayu, Tebet, Meruya dan Duren Sawit.

Sebanyak 500 paket yang terdiri dari daging ayam segar 1 ekor dan 5 kg beras secara simbolis diserahkan di Poskotis Menwa Peduli oleh Sekjen DPP GEMURA Nizar Chaeroni kepada Arwani Denny Kaskonas Menwa Indonesia yang mewakili Komandan Konas Menwa Indonesia, Ariza Patria yang berhalangan hadir karena sibuk menjalankan tugas wajibnya sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru. Nizar Chaeroni sendiri mewakili Ketua Umum Gemura Oktasari Sabil yang juga berhalangan hadir. Bantuan ini kemudian di sebarkan dengan diantar langsung para personil Menwa yang menyebar ke beberapa titik wilayah yang sudah ditentukan. 

“Kami bersuka cita bekerjasama dengan Konas Menwa Indonesia dalam menggelar baksos bersama ini, silahturahmi antar elemen muda bangsa terajut baik dan bahu-membahu meringankan beban masyarakat dan pemerintah dengan turut serta dalam aksi bela Negara melawan covid-19 ini, semoga yang kami lakukan bisa bermanfaat untuk semua,” Kata Nizar Sekjen DPP Gemura ini. 

“Aksi bakti sosial yang rutin  kami laksanakan ini merupakan bentuk kepedulian generasi muda yang tergabung  di Menwa dan Gemura terhadap mereka yang terdampak covid-19. Kami lakukan secara swadaya karena itu bantuan kami tidaklah besar namun berharap dapat sedikit mengurangi beban masyarakat,” kata Kepala Staf Menwa Indonesia, Arwani Denny.

Sebelumnya Gemura juga sudah melakukan bakti sosial untuk para terdampak covid-19 di beberapa tempat dengan membagikan daging sapi dan beras.

Dilokasi yang sama, Poskotis Menwa Peduli Lawan Covid-19 di bilangan Kebayoran Baru, wakil Komandan Nasional Resimen Mahasiswa Indonesia Erwin H. Al-Jakartaty yang mengonsolidasikan segenap sumber daya dan potensi Menwa secara keorganisasian menjelaskan bahwa kegiatan Menwa Peduli Lawan Covid-19 saat ini lebih diarahkan untuk melakukan bakti sosial kemasyarakatan. Kegiatan masih terpusat di Jakarta namun beberapa waktu kedepan akan mendorong aksi bela Negara lawan covid-19 ini di beberapa daerah lainnya. 

Sementara itu dihubungi ditempat terpisah, Ketua Umum DPP Gemura Oktasari Sabil mengatakan bahwa pihaknya juga berangkat dari kepedulian dan tidak bisa berpangku tangan melihat penderitaan rakyat disekelilingnya.

“Setelah melihat dampak nyata dari pandemi ini, maka kami spontan bergerak dengan nurani dan kali ini turun baksos bersama-sama Menwa Indonesia, karena organisasi muda bela Negara ini sudah terlatih soal tanggap bencana, Semoga kerjasama sesama anak bangsa ini menghasilkan yang terbaik untuk kita semua dengan harapan pandemi covid-19 ini segera berakhir,” Kata Oktasari Sabil.(Red)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru