oleh

Warga Bekasi Barat yang Belum Terdata Bansos Bisa Daftarkan Diri ke Kantor Kelurahan Setempat

Kota Bekasi, Kicaunews.com – Warga Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi yang belum terdata sebagai penerima bantuan sosial (Bansos) dari Pemerintah masih bisa diajukan dengan mendaftarkan diri ke kelurahan setempat.

Hal tersebut disampaikan oleh Camat Bekasi Barat H Bunyamin kepada awak media usai mengadakan Video Teleconference bersama para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan lurah-lurah di Kecamatan Bekasi Barat, Selasa (14/4/2020).

Diketahui, pendataan Bansos dari Pemerintah Kota Bekasi sudah berjalan dan masih dalam proses. “Bagi warga yang belum terdata untuk Bansos masih bisa datang ke kelurahan atau pengurus Rt dan Rw setempat,”ungkap Bunyamin.

Pendataan sebenarnya sudah siap dari data-data sebelumnya dan juga dari berbagai program, namun pengurus RT dan RW tetap bisa melakukan pendataan ulang, agar warga yang benar-benar membutuhkan bansos bisa terdata semua tanpa kecuali.

“Meskipun KTP daerah tapi masih tinggal di Bekasi Barat dan butuh bantuanakan kita bantu,”paparnya.

Seperti misalnya warga yang tinggal di wilayah Kecamatan Bekasi Barat, tapi KTP nya Kabupaten Bekasi bahkan luar pulau Jawa, tetap akan didata untuk Bansos.

Lanjut Bunyamin, apabila ada warga ber- KTP di Kecamatan Bekasi Barat Kota Bekasi tapi tinggalnya di luar Kota Bekasi maka warga tersebut tidak akan mendapatkan Bansos.

Camat pun menginstruksikan agar setiap pengurus RT dan RW harus mengetahui berapa jumlah warganya, dan siapa saja yang masih tinggal di wilayah setempat, jadi pendataan bisa lebih mudah.

Saat ini, kata Bunyamin jumlah warganya sudah tercantum semua, bahkan para pengontrak juga sudah kami data semua.

“Kita sudah maksimalkan pendataan, kendati begitu bagi warga yang merasa belum terdata masih bisa mendaftarkan atau memberikan data ke kantor Kelurahan setempat dengan membawa data diri,” lanjutnya.

Baca juga :  Dalam Rangka Hari Ibu ke 89 PTPN Nusantara VIII wilayah Leumneundeut Juara Satu lomba paduan suara intansi PTPN

“Bahkan yang tidak mempunyai KTP juga kita data, karena tidak semuanya jumlah penduduk yang ada di Kota Bekasi masih tinggal di Kota Bekasi, pasti ada yang di luar daerah,”masih kata Bunyamin.

Terpenting harapan Bunyamin ada data yang diberikan untuk bukti administrasi guna pertanggung jawaban pemerintah.

Senada dikatakan Lurah Kotabaru Bekasi Barat, Anny Yoeningsjih, terpisah melalui wawancara awak media Rabu (15/4/2020). Dikatakan Anny saat ini pihaknya sedang menyesuaikan dan mempelajari formatnya dan sedang meminta formatnya ke Dinas Sosial Kota Bekasi.

“Bagi warga yang merasa belum terdata, bisa dikumpulkan ke pengurus RW masing-masing supaya nanti bisa ditambahkan,”kata Anny.

Nanti setelah selesai formatnya, untuk tambahan masih bisa didata dan akan kita input tambahannya sesuai domisili warga. (Sofie)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru