oleh

FPPJ : A Riza Patria Adalah Figur Muda Sebagai Wagub DKI

Jakarta, Kicaunews.com – Setelah melalui proses panjang dan berliku akhirnya DKI kembali memiliki Wakil Gubernur. Jabatan yang telah ditinggalkan oleh Sandiaga S. Uno yang mengadu peruntungannya bertarung di pilpres 2019 bersama Prabowo Subianto. Pasca unggul dalam pemilihan di Gedung DPRD DKI, Rabu (15/04/2020) Bang Riza dilantik oleh Presiden Jokowi yang secara otomatis secara konstitusi jabatan tersebut beserta hak dan kewajibannya berhak disematkan dipundak beliau.

Situasi dan kondisi kali ini berlangsung dalam suasana yang sangat memprihatinkan. Untuk pertama kalinya Presiden Jokowi melantik seorang kepala daerah dalam protokol covid – 19. Tidak ada kemeriahan, keramaian serta perayaan yang penuh dengan musik dan makanan. Semua berlangsung begitu cepat, sangat sederhana dan apa adanya. Tak salah kiranya, melalui tulisan ini Keluarga Besar Forum Pemuda Peduli Jakarta (FPPJ) mengucapkan selamat atas pelantikan, dan selamat berjuang untuk bang Riza.

Sejak diumumkan pada tanggal 03 Maret, hingga saat ini tulisan dibuat tercatat 2.670 orang pasien positif corona yang berada di Jakarta. DKI menjadi provinsi terbanyak sekaligus merupakan episentrum penyebaran virus covid – 19. Ragam kebijakan yang dilakukan oleh Gubenur Anies Baswedan seolah tak mampu untuk memutus mata rantai penyebaran virus yang berasal dari kota Wuhan China ini. Social distancing measure, #dirumahaja, #jagajarak hingga saat ini PSBB belum mampu memberi hasil positif untuk negatif covid. Press Confrence yang setiap hari digelar dibalai kota terlihat seperti panggung politik baru untuk Gubernur bercerita dan berkisah tentang pelbagai hal yang telah dilakukan yang kadang mengundang decak kagum, sayangnya disisi lain laporan mengenai jumlah pasien positif corona tetap naik.

Hemat FPPJ, organisasi pemerintah daerah masih belum maksimal dalam mengeksekusi berbagai putusan dan kegiatan dalam rangka percepatan penangan covid – 19. Antara Lurah atau Camat, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan masih bekerja secara sektoral, sehingga tak jarang terjadi chaos di masyarakat. Kasus terbaru adalah, kekacauan sistem pembagian paket bantuan dari pemerintah, dalam laporan yang kami terima terjadi pengunduran-pengunsuran jadwal pembagian, termasuk juga masih banyak warga masyarakat yang terdampak ekonominya namun tak mendapat bantuan dari pemerintah.

Baca juga :  Holding BUMN Sektor Pertambangan Akan Segera Rampung

Selain itu, insiatif masing-masing masyarakat yang saat ini mulai mengisolasi gang di lingkungan mereka dengan melarang masuk pihak luar juga menjadi masalah tersendiri. Informasi yang valid tentang proses penyebaran virus covid – 19 serta protokol penjagaan di DKI seharusnya seragam, sehingga tidak terjadi inisiatif dimasing-masing lingkungan yang kadang menimbulkan masalah baru dalam ranah sosial.

Semoga dengan kehadiran bang Riza, yang merupakan seorang aktivis muda dan terbiasa berbaur dengan berbagai kelompok akan dapat mempercepat dan menggerakkan berbagai kelompok yang ada di Jakarta untuk bersama-sama menutup ruang penyebaran virus, karena hanya dengan kesamaan persepsi dari sisi masyarakat dan pemerintah daerah, pun sebaliknya akan dapat membuat kebijakan penanganan covid – 19 menjadi efektif dan massif.

FPPJ berharap kehadiran bang Riza dapat menambal sekaligus menyempurnakan kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan. Selamat bekerja Bang Riza, FPPJ siap memberi dukungan sejauh yang kami mampu,kata Rian selaku ketua FPPJ Kepada redaksi. (*)

Selamat Datang Bang A Riza Patria

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru